alexametrics

Ternyata Sederet Makanan Ini Tidak Boleh Masuk Kulkas

Ade Indra Kusuma
Ternyata Sederet Makanan Ini Tidak Boleh Masuk Kulkas
Ilustrasi menyimpan sayuran dan buah dalam kulkas. (Shutterstock)

Dokter Reisa Broto Asmoro bilang banyak lho jenis makanan yang tak boleh dimasukkan ke dalam kulkas, apa saja?

Suara.com - Tahukah Anda bahwa ada beberapa makanan yang tidak boleh masuk kulkas? Sayangnya, usai belanja bulanan, kebanyakan orang langsung memasukkan segala bahan makanan ke kulkas untuk disimpan dan sebagai cadangan makanan beberapa hari ke depan, mulai dari buah-buahan, sayur-mayur, hingga daging.

Menyimpan beragam makanan di dalam kulkas memang bisa membantu memperpanjang umur makanan tersebut. Apalagi kalau Anda memang tidak berencana untuk menghabiskannya dalam waktu dekat.

Ditemui dalam acara peluncuran kulkas dan mesin cuci Hitachi di Empirica, Jakarta Pusat, Rabu (12/12/2018), dr Reisa Broto Asmoro menjelaskan banyak jenis makanan yang tak boleh dimasukkan ke dalam kulkas.

Dr Reisa Broto Asmoro [Suara.com/Ade]
Dokter Reisa Broto Asmoro [Suara.com/Ade Indra]

"Seperti sayur jika masuk freezer itu tidak boleh, karena sayur menjadi layu. Lalu ada kentang yang sebaiknya tidak ditaruh di kulkas. Kalau makanan yang sudah jadi atau sudah dimasak, seperti gulai, kita bisa melihat basi atau nggak itu bisa dari kulkas, umumnya sih masakan bersantan itu jangan lebih dri 24 jam, karena sudah kurang baik, tapi kalau di kulkas yang bagus mungkin bisa seminggu," ujar dr Reisa Broto Asmoro.

Baca Juga: Hati-hati Pinjam Uang Lewat Online, Keluarga dan Saudara Bisa Diteror

Namun bicara soal makanan bersantan, ia menyarankan agar tak selalu diolah kembali berulang-ulang.

"Kalau gulai bisa cepat basi, santan jika dipanaskan berulang tinggi itu lemak jahatnya meningkat, beda sama santan fresh ya itu bagus. Kalau sudah bicara lemak jahat ya pastinya sangat bahaya jika terjadi penyumbatan pembuluh darah," bebernya.

Lalu apa lagi makanan yang tidak boleh masuk kulkas? Ini deretannya.

1. Roti

Dokter Resia menyarankan lebih baik Anda menyimpan roti pada suhu kamar atau menyimpannya di kotak roti. Bila perlu, Anda dapat segera menghabiskan roti dalam kurun waktu sehari, agar tidak ada jamur.

Baca Juga: 10 Tweet Kocak Sobat Miskin di #Harbolnas2018

2. Kemangi