Ingin Tinggal di Luar Negeri? Ini 4 Tantangan yang Harus Ditaklukkan!

Arsito Hidayatullah
Ingin Tinggal di Luar Negeri? Ini 4 Tantangan yang Harus Ditaklukkan!
Ilustrasi pergaulan internasional, tinggal di luar negeri. [Shutterstock]

Bagi yang berhasrat tinggal di luar negeri, baik dalam rangka bekerja atau kuliah, cermati dulu catatan ini.

Suara.com - Tinggal di luar negeri tentu tak sama dan tak semudah seperti tinggal di negeri sendiri. Mulai dari kondisi lingkungan dan budaya yang berbeda, hingga berbagai makanan yang tak sesuai lidah kebanyakan orang Indonesia, bakal menjadi tantangan tersendiri.

Tentu saja, melihat mereka yang tinggal di luar negeri baik dalam rangka bekerja atau kuliah, sepertinya menyenangkan hingga lantas diimpikan banyak orang. Namun untuk bisa menetap dan nyaman di negara orang bukanlah perkara mudah. Mengingat setiap negara akan memiliki berbagai tradisi dan hal lain yang bisa saja sangat berbeda dengan kondisi di negeri sendiri.

Perlu pemikiran dan persiapan yang matang sebelum akhirnya memutuskan untuk tinggal di luar negeri. Seperti dikutip dari Cermati .com, berikut berbagai tantangan yang harus ditaklukkan untuk bisa tinggal di luar negeri.

1. Menghadapi Biaya Hidup yang Jauh Lebih Tinggi

Untuk tinggal di luar negeri, tentu akan dibutuhkan sejumlah biaya yang cukup besar. Terutama lagi jika Anda memilih negara-negara maju seperti Prancis, Inggris, Amerika dan lainnya.

Tak tanggung-tanggung, besaran biaya hidup di tempat-tempat itu bisa berkali-kali lipat jumlahnya. Apalagi jika dibandingkan dengan biaya hidup standar yang dihabiskan jika tinggal di dalam negeri.

Jika Anda berniat untuk tinggal di luar negeri, pastikan telah mempersiapkan dana yang cukup sejak awal. Ini agar berbagai kebutuhan hidup selama di sana bisa terpenuhi dengan baik.

Jika melihat kenyataan ini pula, maka Anda wajib memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola keuangan. Tujuannya, agar kelak Anda tidak sampai mengalami masalah keuangan di negeri orang .

2. Wajib Mandiri dan Tidak Mengandalkan Orang Lain

Untuk sebagian orang, mandiri bisa saja menjadi hal yang jauh dari gaya hidup yang biasa dijalani selama ini. Ketergantungan pada orang lain merupakan hal yang sulit untuk dihilangkan, terutama lagi bagi mereka yang sejak kecil sudah terbiasa dilayani (dibantu) oleh asisten rumah tangga (ART) di keluarga.

Saat tinggal di luar negeri, biasanya Anda harus mandiri dan mampu mengurus diri sendiri, tanpa bantuan orang lain. Ada banyak hal yang harus dikerjakan sendiri. Bukan hanya itu, Anda juga harus membiasakan diri untuk bepergian dengan moda transportasi umum sendiri, sebab menggunakan kendaraan pribadi akan membutuhkan biaya sangat mahal.

3. Jauh dari Keluarga dan Kesepian

Ini menjadi momok yang terbilang paling menakutkan. Rasa kesepian dan jauh dari rumah serta keluarga, bukanlah hal yang mudah untuk dilalui bagi banyak orang. Terutama juga bagi mereka yang tidak terbiasa bepergian dari rumah untuk waktu yang panjang.

Bayangkan, bagaimana rasanya jika Anda harus tinggal di luar negeri selama beberapa tahun ke depan? Kesepian sering sulit dilalui, terutama lagi bagi orang yang tidak mudah menemukan teman di tempat baru. Dalam kondisi buruk, hal ini bahkan bisa membuat seseorang sakit dan tidak bahagia.

Memang, untuk tinggal dan senang di negeri orang, jelas bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi jika Anda tergolong anak rumahan. Meski demikian, tantangan ini sebenarnya bukan hal yang tak bisa ditaklukkan, selama Anda mau berjuang untuknya.

4. Pergaulan yang Terbatas karena Budaya dan Bahasa

Jika Anda pintar berbahasa Inggris dan orang-orang di sekitar juga demikian, maka hal ini tidak akan terlalu sulit. Namun lain halnya di beberapa negara yang warganya menggunakan bahasa lokal, di mana bisa saja kemampuan bahasa Inggris Anda tidak akan banyak menolong.

Hal ini bahkan bisa semakin terasa buruk akibat adanya perbedaan budaya . Keterbatasan itu bisa saja membuat Anda merasa sulit bergaul, apalagi menemukan teman di tempat yang baru.

Perlu Persiapan Matang sejak Awal

Hidup dan tinggal di luar negeri tidaklah semudah yang dibayangkan. Jika memang serius berniat tinggal di luar negeri, pastikan Anda telah mempersiapkan diri secara matang, sekaligus memahami dengan baik berbagai tantangan yang bakal dihadapi nantinya.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

4 Tips Tukar Uang saat Liburan di Luar Negeri

Cara Memakai Kartu Kredit di Luar Negeri dan Biayanya

Tempat Wisata Indonesia Mirip Luar Negeri, Wajib Dikunjungi Kaum Milenial

Published by
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS