Diet CICO Lagi Hits, Kendalikan Jumlah Kalori Tubuh dengan Lakukan Ini

Silfa Humairah Utami
Diet CICO Lagi Hits, Kendalikan Jumlah Kalori Tubuh dengan Lakukan Ini
Ilustrasi diet CICO memperhatikan jumlah kalori pada makanan yang masuk dan keluar untuk menurunkan berat badan. (Shutterstock)

Bagaimana cara kerja diet CICO bisa menurunkan berat badan?

Suara.com - Untuk mendapatkan tubuh ideal, laki-laki terutama perempuan rela mengikuti segala macam diet sampai berhasil mendapatkan berat badan yang diinginkan, seperti halnya diet CICO yang lagi hits.

CICO (Calories In Calories Out) adalah diet yang tidak membebankan Anda untuk memilih makanan  melainkan memperhatikan jumlah kalori yang masuk dan keluar.

Untuk menjalankan diet ini, Anda perlu menghitung berapa kalori makanan yang dihabiskan, dan jenis olahraga apa saja yang sama dengan kalori yang dikeluarkan tersebut.

Misalnya, Anda pagi ini makan nasi goreng yang memiliki kalori sekitar 500 kalori. Nah, Anda harus mencari aktivitas yang bisa membakar 500 kalori tersebut. Diet ini tentu membutuhkan alat penghitung jumlah kalori makanan dan alat penghitung jumlah kalori yang keluar saat Anda olahrga.

Pengaturan makan dengan diet CICO tidak mengajarkan cara pemilihan makanan yang baik. Meskipun angka kalorinya sama, setiap makanan memiliki kualitas kalori dan efek samping serta manfaat  yang berbeda-beda. Sehingga Anda tidak bisa memukul rata semua kalori dan hanya melihat angka dari kalorinya saja.

Contohnya, jika terlalu banyak kalori dari gula (karbohidrat) ini berbahaya. Gula membuat lonjakan insulin dan kemudian menyimpan gula yang terlalu banyak dalam darah sebagai lemak yang disimpan dalam tubuh. Makanan yang hanya tinggi gula juga tidak memberikan efek mengenyangkan, dan ini bisa membuat orang makan berlebihan.

Ini berbeda jika Anda memilih sayur dan buah. Bukan hanya membuat kalori yang masuk jadi lebih sedikit, kandungan gizi di dalamnya juga sangat bermanfaat melancarkan proses metabolisme tubuh, sehingga proses penurunan berat badan pun lebih lancar terjadi. Banyak vitamin, mineral, antioksidan yang penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jika pemilihan makan ini hanya berdasarkan makanan yang sedang diidam-idamkan tanpa mempertimbangkan kandungan zat gizinya, maka beberapa hal ini bisa terjadi. Meskipun Anda berhasil membuat kalori yang masuk lebih sedikit dari yang keluar.

Namun ada risiko Anda mengalami hal berikuti dilansir Hello Sehat :

-Kekurangan vitamin dan mineral
-Anda bisa kekurangan protein
-Anda bisa kekurangan lemak sehat
-Kelebihan karbohidrat
-Kekurangan energi
-Membuat Anda cepat lapar
-Memperlambat sistem metabolisme

Jadi kenali tubuh Anda dan perhatikan manfaat dan efek samping pada tubuh sebelum melakukan diet. Ini dikarenakan  setiap orang memiliki kondisi berbeda-beda dan tidak semua mengalami penurunan berat badan saat mengikuti diet tertentu.  

Komentar

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS