Bukan Cuma Nonton Film, Ini Aktivitas yang Bikin Pasangan Makin Lengket

Ade Indra Kusuma | Firsta Nodia
Bukan Cuma Nonton Film, Ini Aktivitas yang Bikin Pasangan Makin Lengket
Ilustrasi pasangan (Shutterstock)

Peneliti mencari tahu jenis kegiatan apa saja yang dapat memicu pelepasan hormon cinta.

Suara.com - Bukan Cuma Nonton Film, Ini Aktivitas yang Bikin Pasangan Makin Lengket

Menonton film atau makan malam bersama, merupakan daftar aktivitas yang kerap dilakukan pasangan untuk merekatkan hubungan. Namun sebuah penelitian terkini justru menunjukkan bahwa bukan kedua jenis aktivitas tersebut yang bikin pasangan makin lengket, melainkan melukis dan bermain papan bersama.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Marriage and Family ini berusaha mencari tahu jenis kegiatan apa saja yang dapat memicu pelepasan oksitosin pada pasangan. Hormon oksitosin atau hormon cinta sendiri dikaitkan dengan kegiatan yang romantis.

"Hormon ini tidak diproduksi sepanjang hari, melainkan hanya saat kita menstimulasinya," ujar Karen Melton, asisten profesor Ilmu Keluarga dan Konsumen di Baylor University seperti dilansir Time.

Untuk mengarah pada kesimpuan ini, peneliti melibatkan 20 pasangan yang telah menikah atau tinggal bersama. Mereka diminta untuk mengisi survei selama satu jam tentang kehidupan keluarga yang dijalani untuk mengukur seberapa banyak oksitosin yang diproduksi.

Selanjutnya, para peneliti secara acak menugaskan setengah dari pasangan untuk memainkan permainan papan selama satu jam, sementara yang lain mengambil kelas melukis. Para peneliti mengumpulkan sampel urin setelahnya untuk mengukur perubahan kadar oksitosin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar oksitosin meningkat setelah kedua responden melakukan kedua aktivitas ini. Kenaikannya rata-rata berkisar dari 3,86 nanogram per mililiter urin menjadi 4,88 nanogram.

Lelaki yang mengikuti kegiatan melukis mengalami perubahan terbesar kadar oksitosin dalam tubuh mereka, naik sekitar tiga nanogram dibandingkan sebelumnya. Sementara tingkat oksitosin perempuan yang bermain permainan papan dan kelas melukis naik rata-rata satu nanogram.

Mengapa kelas seni paling cepat meningkatkan kadar oksitosin pada lelaki? Melton mengatakan sebagian besar mungkin disebabkan karena kegiatan ini tergolong baru bagi lelaki. Selain itu sentuhan fisik yang terjadi dalam kelas melukis antar pasangan juga lebih banyak. Hal ini kata Melton juga dapat meningkatkan kadar oksitosin lelaki.

"Laki-laki telah terbukti sangat sensitif terhadap kontak fisik, jadi sentuhan mungkin meningkatkan kadar oksitosin mereka," imbuh Melton.

Oleh karena penelitian ini hanya melihat efek melukis dan bermain papan terhadap produksi oksitosin, Melton tidak dapat menyimpulkan bahwa kegiatan lain tidak dapat merangsang produksi oksitosi. Ia menduga, jenis aktivitas lain yang melibatkan sentuhan fisik, interaksi sosial, juga dapat memicu hal yang sama.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS