Kulit Kering Selama Berpuasa, Yuk Perbaiki Nutrisi dan Cara Mandinya

Ade Indra Kusuma | Vessy Dwirika Frizona
Kulit Kering Selama Berpuasa, Yuk Perbaiki Nutrisi dan Cara Mandinya
Ilustrasi kulit kering. [Shutterstock]

Ada dua hal yang harus diperhatikan, yaitu dari dalam dan dari luar.

Suara.com - Kulit Kering Selama Berpuasa, Yuk Perbaiki Nutrisi dan Cara Mandinya

Saat berpuasa selama bulan Ramadan tubuh pasti kekurangan cairan. Akibatnya kulit menjadi lebih kering. Padahal menjaga kelembaban kulit sangat penting, tak peduli meskipun saat berpuasa.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Litya Ayu Kanya Anindya, SpKK, FINS-DV mengatakan, menjaga kesehatan kulit agar tetap lembab selama Ramadan, ada dua hal yang harus diperhatikan, yaitu dari dalam dan dari luar.

"Untuk perawatan dari dalam, maka nutrisinya yang harus dijaga. Saat sahur bermuka cukupi kebilutuhan cairan untuk tubuh. Minum air putih yang cukup, konsumsi sayur dan buah-buahan," ujar dokter Litya saat ditemui Suara.com dalam acara The Vaseline Healing Project di kawasan Penjaringa Jakarta Utara, Selasa (14/5/2019).

Event kesehatan kulit Vaseline [Suara.com/Vessy]
Event kesehatan kulit Vaseline [Suara.com/Vessy]

Selain itu, jaga asupan makanan, sambunya. Orang yang berpuasa disarankan tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak, berlemak, dan yang mengandung kolesterol. Contonya goreng-gorengan, santan, dan manis-manis.

Sementara itu, untuk mejaga kesehatan kulit dari luar, dokter Litya mengingatkan untuk memakai pelembab dan memperbaiki cara mandi.

"Saat kulit mengalami hidrasi, salah satu cara mengatasinya adalah dengan memakai pelembab. Pakai setelah mandi saat sisa air masih ada di tubuh. Jadi pemebab dapat berfungsi untuk mengahalang air yang akan menguap," jelasnya.

Kemudian, lanjutnya, tidak mandi dengan air hangat. Sebab, seperti yang dijelaskan sebelumnya, air hangat akan cepat menguap. Jadi mandilah dengan air biasa.

"Untuk pemilihan sabun, pilih sabun yang mengandung pelembab dan tidak terlalu kesat seteleh dipakai. Gunakan juga sabun yang tidak terlalau banyak mengandung pewangi karena kandungan perlindungan partikelnya tidak baik untuk kulit," sambungnya.

Terakhir, saat mengelap tubuh dengan handuk, jangan digosok-gosok. "Cukup ditekan-tekan saja agar air bekas mandi tidak langsung kering," tukasnya.
 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS