Hobi Begadang Nonton Netflix, Pria Bisa Punya Sperma Sehat Lebih Sedikit

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati
Hobi Begadang Nonton Netflix, Pria Bisa Punya Sperma Sehat Lebih Sedikit

Begadang itu memang tidak baik.

Suara.com - Sebuah studi menyarankan pria yang ingin segera mempunyai anak untuk tidur lebih awal. Sebab, para peneliti meyakini bahwa pria yang hobi begadang cenderung memiliki jumlah sperma sehat yang rendah.

Melansir dari Daily Star, kepercayaan tersebut berdasarkan sebuah studi dari Aarus University. Studi mereka menunjukkan partisipan pria memiliki jumlah sperma yang lebih rendah ketika mereka pergi tidur setelah pukul 10:30 malam.

Peneliti melacak dampak tidur pada peserta yang berusia rata-rata 34 tahun dan ingin segera memiliki bayi. Temuan menunjukkan mereka yang tertidur sebelum pukul 10:30 malam adalah 2,5% lebih mungkin untuk memiliki jumlah sperma sehat dibandingkan dengan mereka yang tidur antara 11 malam dan 11:29 malam.

Mereka yang tidur dalam waktu yang lebih lama juga dianggap lebih subur. Disebutkan pria yang tidur antara 7 hingga 8 jam per hari lebih mungkin memiliki sperma berkualitas baik.

Dr Raj Mathur, seorang konsultan ginekolog di Manchester University NHS Foundation Trust, berbicara tentang penelitian ini. Ia menekankan bahwa pria yang mencoba untuk memiliki bayi harus pergi tidur lebih awal dan mendapatkan jumlah waktu tidur yang layak.

"Mereka harus berpikir tentang apa yang membuat mereka tetap terjaga dan mencoba mengubah kebiasaan mereka, apakah itu menonton Netflix atau mengirim email."

Sementara studi ini hanya melacak sekelompok kecil peserta, penelitian yang lebih luas telah dilakukan di masa lalu. Kesulitan untuk mengandung bayi telah diklaim sebagai salah satu efek dari kurang tidur, baik pada pria maupun wanita.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS