Ini Jawaban Tompi Kenapa Wajah Orang Korea Saling Mirip Usai Bedah Plastik

Ade Indra Kusuma
Ini Jawaban Tompi Kenapa Wajah Orang Korea Saling Mirip Usai Bedah Plastik
Tompi [Revi C Rantung/Suara.com]

Banyak orang beranggapan dengan mengoprasi satu titik di wajah, itu akan berubah semua.

Suara.com - Ini Jawaban Tompi Kenapa Wajah Orang Korea Saling Mirip Usai Bedah Plastik.

Jika Anda kerap memperhatikan beauty pageant Korea, model, atau artis yang berkecimpung di dunia hiburan coba perhatikan seksama, kenapa mereka mirip semua?

Tak ada satupun para beauty pageant atau model Korea yang jelek. Tubuh semampai, anggun, tinggi langsing, kulit putih, hidung mancung, mata lebar, dan senyum menawan dengan gigi-gigi yang rapih terawat, menjadi standar cantik yang sepertinya memang diberlakukan dalam operasi plastik, atau bedah plastik di Korea.

Menjawab hal itu, dr Tompi membenarkan bahwa industri kecantikan atau bedah plastik di Korea ternyata sudah punya pemetaan wajah yang ingin digarap kepada pasiennya.

Perawatan Wajah ala Perempuan Korea. (Shutterstock)
Ilustrasi wajah cantik ala Perempuan Korea. (Shutterstock)

"Jadi, mereka tidak peduli dengan bentuk wajah pasiennya yang datang. Mau wajah seperti apapun itu , dokter di sana sudah punya topografi wajah. Jadi dipukul rata. Nah hasilnya apa, banyak yang mirip kan orang-orang Korea. Jadi mereka sudah punya ukuran cantik, oh jarak ukur antarmata yang cantik itu berapa, lebar bola mata berapa,  jarak mata ke hidung, jarak hidung ke bibir, mereka sudah ada pakem pemetaanya. Jadi mudah, cepat, efisien, cuma ya hasilnya sama," terang Tompi saat ditemui Suara.com di pembukaan klinik MEN/O/LOGY by ZAP, Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis 11 Juli 2019.

Nah, bicara soal pasien yang datang kepadanya untuk di operasi plastik, Tompi mengatakan  kerapkali maunya serba instan. Banyak orang beranggapan dengan operasi satu titik di wajah akan tampak berubah semuanya.

"Nah itu salah, misal hidung. Hidungnya mau mirip Nicolas Saputra, nah setelah dilakukan kok nggak mirip, ya jelas nggak mirip karena wajah Nico ada bentuk rahangnya, giginya, lebar mata, jadi ketika hanya hidung yang dibenahi tidak akan bisa look menjadi sama persis, kecuali maunya diubah semua," terang Tompi.

Tompi mengatakan bahwa manusia sebenarnya sudah diciptakan Tuhan dengan karakternya dan kecantikannya yang berbeda. 

"Saya beranggapan Tuhan itu menciptakan Anda cantik dengan cara Anda, tinggal misalkan ada bagian wajah yang ingin dioperasi karena ada masalah, ya sudah dioperasi ataupun dengan perawatan wajah menjadi lebih cantik, tanpa merubah si A jadi si C. Jika kita mengikuti pakem Korea, orang tidak punya karakter lagi dong," bebernya.

Tompi menyontohkan, Julia Robert yang memiliki bibir yang besar, bila bibirnya diubah, maka ciri khasnya hilang. "Bukan Julia lagi yang selama ini dikenal, karena karakter wajahnya ada yang hilang. Kalau saya lebih konsen untuk mempertahankan karakternya, tinggal dipercantik aja, jadi bukan diubah semua," ujarnya panjang lebar. 

Tompi mengakui lebih suka pasiennya datang dan berdiskusi detail mengenai kemauan sang pasien. Jangan tiba-tiba datang membawa gambar model dan ingin total menjadi seperti yang ada dalam gambar tersebut.

"Inilah kesalahan informasi pasien kita, mereka kerap salah kaprah. Mereka datang bawa majalah, mau mirip ini, dia nggak tau kalau itu kan editan, hasil jepretan kamera. nggak bakal bisa sama. Kalau saya tidak pernah memberi contoh atau memberi gambaran mau muka seperti apa, wajah Korea atau Bule. Jadi kita datang dulu, ngobrol, maunya kaya apa, di situ saya kasih saran-sarannya," pungkas Tompi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS