Ada Bangku Khusus Mengobrol di Inggris, Solusi Atasi Kesepian

Angga Roni Priambodo | Amertiya Saraswati
Ada Bangku Khusus Mengobrol di Inggris, Solusi Atasi Kesepian
Rasa kesepian melanda usia atau periode orang tertentu. (Shutterstock)

Bangku itu diharap dapat membuat warga lebih kerap berkomunikasi tatap muka.

Suara.com - Di dunia yang serba modern, komunikasi dapat dilakukan dengan mudah melalui media sosial. Tanpa perlu bertemu, orang-orang pun dapat merasa dekat dan mengetahui kabar satu sama lain.

Namun, belum lama ini, departemen kepolisian di dua kota di Inggris menyatakan bahwa mereka berharap dapat meningkatkan interaksi manusia secara langsung.

Dikutip dari Travel and Leisure, kota Avon dan Somerset di Inggris telah memasang bangku khusus mengobrol di taman dengan harapan orang-orang akan berbicara tatap muka.

Bahkan, bangku tersebut pun dilengkapi dengan tulisan "Duduk di sini jika kau tidak keberatan seseorang berhenti untuk mengucapkan halo!"

Bangku itu sendiri ditujukan untuk segala umur, meski polisi berharap jika bangku itu dapat meningkatkan kualitas hidup orang-orang usia lanjut.

Ini dikarenakan orang-orang usia lanjut di kota mereka jarang mengobrol dengan orang lain, sehingga lebih rentan mengalami penipuan atau kekerasan.

Bangku mengobrol di Inggris (facebook.com/avonandsomersetpolice)
Bangku mengobrol di Inggris (facebook.com/avonandsomersetpolice)

"Segala bentuk kekerasan tidak dapat diterima dan itu membuatku sedih," kata Komisioner Polisi Sue Mountstevens saat meluncurkan bangku tersebut.

"Bangku mengobrol adalah inisiatif yang kuharap dapat mendorong warga semua umur untuk lebih sering mengobrol. Jika kau teringat akan teman, tetangga, atau relasi yang kesepian, aku mendorongmu untuk berhenti dan berkata halo."

Hal ini juga ditegaskan oleh sebuah studi di tahun 2015 dari AARP, yang menyebutkan jika kesepian dan isolasi dapat membawa bahaya kesehatan setara merokok 15 batang per hari.

Dengan adanya bangku itu sendiri, kedua kota ini berharap agar penghalang yang ada di antara orang asing dapat menghilang dan warganya dapat lebih sering bertukar obrolan.

"Hanya berhenti dan mengatakan halo pada seseorang di bangku mengobrol dapat membuat perbedaan besar bagi orang-orang kesepian di komunitas kita dan membuat hidup lebih baik bagi mereka."

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS