Bukan Uang, Hubungan Asmara Bisa Lebih Langgeng karena Hal Ini

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi
Bukan Uang, Hubungan Asmara Bisa Lebih Langgeng karena Hal Ini
ilustrasi pasangan bahagia. (Shutterstock)

Kira-kira faktor apa yang bikin hubungan asmara menjadi langgeng?

Suara.com - Semua orang pasti menginginkan hubungan asmara yang langgeng. Hal tersebut tentu dipengaruhi oleh banyak faktor. Banyak orang yang menganggap uang hingga seks sebagai faktor hubungan asmara langgeng.

Namun menurut sebuah penelitian, ada hal lain yang lebih penting yang bisa membuat hubungan lebih langgeng dan harmonis. Dilansir dari laman Times of India, kerendahan hati menjadi hal penting yang bisa membuat hubungan langgeng.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Michigan, sifat rendah hati merupakan kunci dari hubungan yang bahagia dan sehat.

Para peneliti mengungkapkan bahwa pasangan yang rendah hati selalu paham kelebihan dan kemampuan masing-masing. Selain itu, mereka bisa menerima kesalahan dan tidak meremehkan kekurangan pasangannya.

Peneliti ingin menganalisis hubungan antara kerendahan hati dan sifat pemaaf. Akhirnya, mereka meneliti 284 pasangan sekaligus. Situasi yang cukup rumit adalah orang rendah hati tak suka menyombongkan kelebihannya.

Ilustrasi pasangan romantis. [Shutterstock]
Ilustrasi pasangan harmonis. [Shutterstock]

Di sisi lain, orang arogan bisa berpura-pura rendah hati. Guna mengatasi situasi tersebut, peneliti meminta setiap pasangan menunjukkan seberapa rendah hati mereka, seberapa rendah hati pasangan mereka, dan apakah mereka akan bisa saling memaafkan pasangan bila ada yang melukai.

Gagasannya adalah seseorang yang rendah hati mungkin tidak ingin melebih-lebihkan dirinya tapi pasangannya pasti bisa menilai kerendahan hatinya.

Orang yang mengatakan pasangannya rendah hati cenderung mudah memaafkan saat terluka. Sedangkan orang yang mengatakan pasangannya sombong, umumnya kurang pemaaf.

Bukan Uang, Hubungan Asmara Bisa Lebih Langgeng karena Hal Ini - 2
ilustrasi pasangan bahagia. (Shutterstock)

Penelitian lain yang dilakukan berkaitan dengan subjek ini juga menemukan bahwa orang-orang menganggap sifat rendah hati sebagai elemen paling penting yang harus dimiliki pasangannya.

Orang yang rendah hati umumnya yang akan berusaha memulai sebuah hubungan karena menganggap diri mereka sebenarnya juga tidak sempurna untuk seseorang.

Jadi ketika membangun sebuah komitmen untuk menjalin sebuah hubungan, ia akan melakukan yang terbaik demi orang tercinta. Itulah mengapa rendah hati membuat sebuah hubungan asmara menjadi lebih bahagia, harmonis, dan langgeng.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS