Situ Gunung Trail Run For Nation Promosi Pariwisata Tanpa Merusak Alam

Liberty Jemadu | Stephanus Aranditio
Situ Gunung Trail Run For Nation Promosi Pariwisata Tanpa Merusak Alam
Sekretaris Direktorat Jenderal Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Herry Subagiadi mengapresiasi acara Situ Gunung Trail Run For Nation yang digelar Minggu (25/8/2019). [Suara.com/Stephanus Aranditio]

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menilai Situ Gunung Trail Run For Nation sebagai cara unik dan ramah lingkungan untuk mempromosikan pariwisata.

Suara.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengapresiasi acara Situ Gunung Trail Run For Nation yang digelar Arkadia Digital Media di tempat wisata Situ Gunung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (25/8/2019).

Sekretaris Direktorat Jenderal Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Herry Subagiadi menyebut acara lomba lari pertama yang digelar di Situ Gunung ini menjadi salah satu cara baru untuk mengedukasi masyarakat khususnya anak muda untuk mencintai alam.

"Event Situ Gunung Trail Run ini merupakan event yang luar biasa dan ini menjadi salah satu bentuk promosi dan edukasi penyebarluasan informasi tentang Situ Gunung tanpa harus merusak sumber daya alam yang ada," kata Herry kepada Suara.com di Situ Gunung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (24/8/2019).

Herry berpesan bagi seluruh peserta Situ Gunung Trail Run untuk tetap menjaga kelestarian alam mengingat Situ Gunung merupakan kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat.

"Untuk seluruh peserta lomba lari mohon patuhi etika alam. Etika alam itu tidak berbuat dan berkata yang aneh-aneh selama melaksanakan perjalanan di alam, prinsip menjadi pengunjung yang cerdas itu adalah jangan ambil apa-apa selain kenangan, kalau toh ingin memiliki itu, ambilah foto di sana," tegasnya.

Pimpinan Redaksi Arkadia Digital Media, Suwarjono berharap agar acara ini mampu mengembangkan pariwisata di Kabupaten Sukabumi. Sebab, Situ Gunung Trail Run For Nation menawarkan lomba dengan hal berbeda.

"Selain itu acara ini diharapkan mampu mengembangkan pariwisata di Kabupaten Sukabumi," ungkap Suwarjono di lokasi, Sabtu malam.

Untuk itu, ia berharap agar semua peserta lomba menjadi pemenang. Sebab, pemandangan di lokasi perlombaan menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta lomba.

Diketahui, ada tiga kategori dalam perlombaan ini. Mulai dari kategori keluarga 5 K, 10 K, dan 21 K. Semua rute perlombaan akan dikawinkan dengan pemandangan seperti danau, hutan, dan kawasan perkemahan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS