Digemari di Indonesia, Kenali Sejarah Singkat Minuman Boba

M. Reza Sulaiman | Risna Halidi
Digemari di Indonesia, Kenali Sejarah Singkat Minuman Boba
Sejarah minuman boba yang digemari di Indonesia. (Suara.com/Risna Halidi)

Minuman boba sangat populer di Indonesia dan Asia. Tapi tahukah Anda sejarah boba dan perkembangannya?

Suara.com - Digemari di Indonesia, Kenali Sejarah Singkat Minuman Boba

Minuman boba sangat populer di Indonesia dan Asia. Tapi tahukah Anda sejarah boba dan perkembangannya?

Menurut Fanny Low dari Biro Pariwisata Taiwan, boba mulai menjadi hits setelah diperkenalkan oleh Liu Han-Chieh, pemilik toko teh asal Taiwan bernama "Chun Shui Tang" di Taichung, Taiwan.

"Taiwan sangat terkenal dengan teh dengan kualitas yang baik dan boba adalah tradisional snack di sana. Boba sudah ada sejak 20 tahun lalu, karena sangat enak, kalian dapat merasakn bobanya," kata Fanny kepada Suara.com dalam gelaran acara Boba Festival 2019 di Premium Parking, Gandaria City Mall, Jakarta Selatan, Rabu, (25/9/2019).

Menurut Fanny, boba sebenarnya adalah makanan penutup tradisional yang disebut "Fen yuan", yaitu puding dari tapioka dengan rasa manis yang biasanya disajikan dengan es air gula.

Orang Taiwan kemudian menuangkan bola tapioka tersebut ke dalam es teh sebagai tambahan untuk menikmati teh. Karena semua orang menyukainya, akhirnya membuat teh boba tersebut menjadi produk yang dijual di toko milik Liu Han-Chieh.

Minuman tersebut kemudian dikenal dengan nama Bubble tea atau Pearl milk tea secara internasinal atau Teh Boba di Indonesia.

Kini ada lebih dari 45 merek teh boba di Taiwan dan ratusan toko minuman boba di seluruh Taiwan. Beberapa merek minuman boba ternama asal Taiwan adalah The Koi, Tiger Sugar, dan Chatime.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS