Model Cantik Dihujat, Bilang Tubuh Ukuran M Sudah Dianggap Obesitas

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini
Model Cantik Dihujat, Bilang Tubuh Ukuran M Sudah Dianggap Obesitas
Cathryn Li Yuanlin. (Instagram/@lookafteryourhealth)

Belakangan dia berkilah jika statusnya ditujukan hanya untuk para model saja.

Suara.com - Seorang model cantik asal Malaysia membuat publik geram lantaran mengunggah kata-kata yang mengarah pada body shaming di media sosialnya.

Cathryn Li Yuanling mengatakan tubuh ukuran M sudah masuk pada kategori obesitas. Melalui unggahan di Instastory di akun miliknya, Cathryn juga menulis ukuran tubuhnya sebagai perbandingan.

"Girls, kalau kamu pakai baju ukuran 6/S, berarti ukuran tubuhmu M. M = Gemuk. Di Asia, S itu berarti M, M berarti L, jadi ukuran apapun di atas M sama saja dengan obesitas. Cobalah turunkan jadi ukuran 4/XS," tulisnya dalam bahasa Inggris.

Dia melanjutkan dengan menyebut ukuran tubuhnya, yaitu ukuran 2 alias XXS. "Kalau ukuran bajumu di atas 6, berhentilah makan dan pergi ke gym sekarang juga," lanjutnya.

Wanita multitalenta ini ternyata langsung mendapat kecaman atas postingannya.

Postingan Cathryn Li Yuanlin. (Instagram/@lookafteryourhealth)
Postingan Cathryn Li Yuanlin. (Instagram/@lookafteryourhealth)

Melansir Next Shark, postingan itu tak bertahan lama di Instagramnya karena pada menit ke 26, Cathryn langsung menghapus kata-kata itu.

Dalam tulisan panjang di Instagram, model yang juga piawai main piano ini lalu mengatakan sudah terjadi kesalahan dalam postingannya. Akibatnya, tulisan yang seharusnya ditujukan pada teman dekat itu jadi tersebar luas.

"Aku paham itu adalah kesalahan besar, tapi memang itulah yang terjadi di industri ini, suka ataupun tidak karena industri (modeling) tak akan menerima teori semacam, 'semua orang cantik, semua ukuran tubuh indah'," tulisnya.

Cathryn Li Yuanlin. (Instagram/@lookafteryourhealth)
Cathryn Li Yuanlin. (Instagram/@lookafteryourhealth)

Cathryn juga mengatakan ada beberapa pengecualian dalam industri mode yang mempekerjakan model dengan beragam ukuran. Namun, hal itu belum banyak ditemui secara umum.

"Tentu ada pengecualian tapi pasar fashion secara mainstream masih lebih memilih cewek-cewek kurus," lanjutnya.

Di penghujung unggahannya, ia meminta maaf jika kalimatnya sudah menyinggung banyak wanita. Dia pun mengungkapkan tulisan tersebut tidak ditujukan untuk wanita secara umum tapi cuma para model.

"Seperti yang sudah aku bilang sebelumnya, postingan aku itu bukan untuk wanita pada umumnya. Itu sebuah kesalahpahaman, aku benar-benar minta maaf kalau kalian tersinggung," tutupnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS