5 Manfaat Cuka Apel yang Harus Kamu Tahu

Vania Rossa | Risna Halidi
5 Manfaat Cuka Apel yang Harus Kamu Tahu
Ilustrasi cuka sari apel. (Foto: Shutterstock)

Salah satunya adalah menghilangkan noda.

Suara.com - Cuka apel merupakan salah satu jenis cuka yang paling umum dan paling populer. Cuka apel merujuk pada cuka yang terbuat dari jus apel dan ditambah dengan ragi sehingga mengubah kandungan gula menjadi alkohol.

Hal ini, pada akhirnya dapat membuat bakteri yang ada menjadi asam asetat, senyawa aktif utama dalam cuka. Dilansir Suara.com dari Medical Daily, berikut adalah lima manfaat lain dari penggunaan cuka apel.

1. Menghilangkan noda

Cuka apel bisa menjadi alternatif yang bagus sebagai pengganti deterjen. Cara menggunakannya cukup mencampur cuka apel dan cuka biasa masing-masing satu sendok. Kemudian oleskan campuran tersebut pada pakaian yang memiliki noda membandel. Biarkan selama beberapa menit, kucek, dan cuci bersih pakaian seperti biasa.

2. Mencuci buah dan sayuran

Merendam buah dan sayur dengan air biasa tentu saja tidak cukup untuk membunuh kuman, bakteri, jamur, dan patogen lainnya. Coba campurkan air untuk mencuci buah dan sayuran dengan cuka apel. Bukan hanya akan membunuh unsur bahaya pada buah dan sayuran, campuran tersebut juga dapat membuat buah dan sayur segar lebih lama.

3. Mengatasi saluran yang mampet

Cuka apel merupakan solusi alternatif yang ideal dan alami untuk membersihkan saluran yang mampet. Yang harus kamu lakukan hanya menaburkan setengah cangkir soda kue ke saluran pembuangan, kemudian ikuti dengan secangkir cuka apel hingga menghasilkan busa. Siram saluran yang mampet dengan air panas setelah beberapa menit, kemudian siram lagi dengan air dingin setelah lima menit.

4. Membunuh gulma

Kamu juga dapat menggunakan cuka apel sebagai pembunuh gulma alami di halaman atau taman. Caranya, campurkan satu galon cuka apel dengan satu ons minyak jeruk dan satu sendok teh sabun cair, lalu kocok dengan benar. Setelah itu, masukan ke dalam botol semprotan dan gunakan untuk menyemprotkan gulma yang mengganggu dan merepotkan di halaman.

5. Memoles kayu

Cuka apel adalah yang cairan yang kamu butuhkan untuk membersihkan dan memoles furnitur kayu dan permukaan keras lainnya di rumah tangga. Selain itu, cuka apel juga ampuh membantu menghilangkan noda air dari furnitur. Cukup campurkan setengah cangkir cuka apel dan minyak sayur, kemudian celupkan kain atau handuk kertas ke dalam campuran dan gunakan untuk memoles furnitur kayu dan permukaan keras lainnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS