Resep Rice Box Rumahan ala KFC, Pakai Bumbu Super Sederhana!

Risna Halidi
Resep Rice Box Rumahan ala KFC, Pakai Bumbu Super Sederhana!
Rice Box ala KFC (YouTube/Puguh Kristanto Kitchen)

Ini dia daftar bahan yang dibutuhkan untuk membuat menu Rice Box rumahan ala KFC.

Suara.com - Rice box atau rice bowl merupakan satu menu restoran atau gerai makanan yang simple, murah, enak dan juga mengenyangkan. Salah satu menu rice box paling favorit masyarakat Indonesia, ya tentu saja Rice Box Chicken BBQ dari KFC.

Nah, pernah gak penasaran bagaimana cara membuar rice box ala KFC sendiri di rumah? Jika ya, kanal YouTube Puguh Kristanti Kitchen, punya resep membuat Rice Box KFC sederhana di rumah. Siapkan bahan-bahannya ya!

Bahan Ayam Crispy

Secukupnya dada ayam
Secukupnya tepung terigu
Secukupnya air
Secukupnya garam & lada

Bahan Saos BBQ
¼ Buah bawang bombay cincang
3 sachet saos tomat
3 sachet saos sambal
Secukupnya air
1 Sdm saos tiram
1 Sdm madu
1 Sdt kecap manis
Secukupnya garam, gula, lada bubuk
Wijen untuk hiasan

Cara membuat Ayam Crispy
Pertama-tama, iris dada ayam tipis-tipis. Selanjutnya, marinasi bagian ayam dengan campuran garam dan lada, sisihkan. Kedua, campur tepung terigu dan air, biarkan agak cair. Sisa tepung terigu bisa digunakan sebagai pelapis.

Ketiga, masukkan ayam yang sudah diiris tipis ke dalam adonan tepung yang sudah dibuat. Biarkan sampai merata, angkat lalu tepuk-tepuk pada tepung terigu sampai merata. Lakukan hal tersebut sampai sisa potongan ayam habis.

Keempat, panaskan minyak. Pastikan masak pada api kecil. Jika sudah panas, masukkan ayam yang sudah dilapisi adonan. Masak sampai warna kecoklatan, jika sudah, angkat dan sisihkan.

Cara membuat Saos BBQ
Pertama panaskan sedikit minyak, tumis bawang bombay yang sudah dipotong dadu sampai agak matang. Kedua masukkan saos tomat, saos sambal, masukkan air secukupnya, saos tiram sedikit madu, kecap manis, garam, gula dan lada bubuk. Masak sampai matang dan mendidih.

Cara penyajian
Sediakan nasi matang pada sebuah mangkuk (bowl) atau kotak (box). Potong ayam crispy jadi bagian dadu kecil-kecil. Sajikan di atas nasi, lalu siram dengan saos yang sudah dibuat sebelumnya dan taburkan biji wijen sebagai atasan. Sajikan, Rice Box Chicken BBQ siap dinikmati!

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS