Suami Wajib Contoh, 14 Tindakan Romantis Nabi Muhammad Kepada Istrinya

M. Reza Sulaiman | Lilis Varwati
Suami Wajib Contoh, 14 Tindakan Romantis Nabi Muhammad Kepada Istrinya
Ilustrasi kaligrafi nama Nabi Muhammad berbentuk hati. (Shutterstock)

Viralnya lagu Aisyah Istri Rasullah membuat kita sadar akan tindakan romantis Nabi Muhammad kepada istrinya. Apa saja ya?

Suara.com - Suami Wajib Contoh, 14 Tindakan Romantis Nabi Muhammad Kepada Istrinya

Lagu Aisyah Istri Rasulullah sempat menjadi trending topic di media sosial bahkan mengalahkan pembicaraan wabah Covid-19. Lagu ciptaan musisi Malaysia itu menceritakan tentang kecintaan Nabi Muhammad kepada salah satu istrinya, Siti Aisyah.

Bagi umat muslim, Nabi Muhammad SAW dianggap sebagai junjungan bukan hanya terkait hubungan dengan Tuhan tapi juga segala hal tentang hidup. Termasuk mengenai hubungan asmara dan bagaimana ia memperlakukan istrinya.

Dalam beberapa hadist, diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW termasuk suami yang sangat romantis kepada istrinya.

Berikut bukti keromantisan Nabi Muhammad sebagaimana telah Suara.com rangkum dari lama Nahdlatul Ulama online.

1. Mengusap Air Mata Istri

Diriwayatkan dari Anas Bin Malik RA, ia berkata sebagai berikut:

« »

Artinya, “Suatu ketika Shofiyah bersama Rasulullah SAW dalam perjalanan, Shofiyah sangat lambat sekali jalannya, lantas Rasulullah SAW menghadap kepadanya sedangkan ia menangis dan berkata, ‘Engkau membawaku di atas unta yang lamban.’ Kemudian Rasulullah SAW menghapus air mata Shofiyah dengan kedua tangannya.” (HR Nasa’i dalam As-Sunanul Kubra [nomor 9162]).

2. Mandi Bersama

Diriwayatkan dari Sayyidah Aisyah RA, ia berkata sebagai berikut:

» «

Artinya, “Dahulu aku mandi junub bersama Rasulullah SAW dari satu bejana di mana tangan kami bergantian (mengambil air) di dalamnya.” (HR Bukhari [nomor 253] dan Muslim [nomor 484], Ibnu Hibban [nomor 1118] mencantumkan riwayat tambahan, “Sedangkan tangan kami saling bertemu (bersentuhan).”

Dari Redaksi:
Artikel ini tersaji di microsite khusus Ramadan Suara.com, yang selain memuat beragam konten menarik terkait Ramadhan 1441 H, kali ini juga menghadirkan beberapa fitur spesial. Ada fitur Kalkulator Zakat bagi yang butuh menghitung zakatnya, menu Tadarus lengkap dengan tulisan dan suara untuk yang ingin mengaji atau baca Al Quran online, dan tentu ada Jadwal Imsakiyah untuk yang ingin mengetahui waktu Imsak, berbuka, maupun waktu salat.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS