Lupakan Obat Tidur, 5 Hal Ini Bisa Membantumu Tidur Lebih Nyenyak

Vania Rossa
Lupakan Obat Tidur, 5 Hal Ini Bisa Membantumu Tidur Lebih Nyenyak
Ilustrasi tidur (Pexels)

Yang alami lebih baik untuk membantu mengatasi kesulitan tidur.

Suara.com - Cemas dan stres bisa memicu insomnia, sehingga membuat seseorang menjadi sulit tidur. Meski begitu, jangan mengandalkan obat tidur untuk membantu Anda tidur nyenyak.

Ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan dan ternyata membantu membuat Anda lebih mudah tertidur. Dilansir dari Healthy and Natural World, ini dia 5 hal yang bisa membantu Anda tidur nyenyak tanpa obat tidur.

1. Selimut tebal

Selimut tebal dapat membantu orang mengelola masalah yang berkaitan dengan kecemasan, insomnia, depresi, dan autisme. Selimut yang tebal akan memberi tekanan lembut pada tubuh, yang akan terasa seperti pelukan yang menenangkan.

Disebutkan dalam sebuah penelitian bahwa sensasi pelukan memiliki efek positif pada pikiran dan membantu mengurangi kondisi kesehatan yang terkait dengan kecemasan dan kesehatan mental.

Pelukan juga disebut dapat membantu melepaskan hormon yang disebut oksitosin. Pelepasan hormon oksitosin dikaitkan dengan tekanan darah rendah, detak jantung yang lebih rendah, dan perasaan yang lebih baik secara emosional.

2. Minyak esensial lavender

Menghirup minyak lavender langsung dari botol atau meletakkan beberapa tetes di diffuser kamar tidur Anda dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak lavender memiliki efek karminatif pada sistem saraf Anda. Menghirup aroma lavender membantu menurunkan ketegangan, meredakan banyak gejala depresi, dan memperbaiki suasana hati. Minyak esensial lavender sendiri telah lama dikenal sebagai obat alami untuk insomnia.

3. Konsumsi makanan yang meningkatkan serotonin

Ada makanan tertentu yang membantu Anda tidur lebih baik karena membantu memengaruhi hormon-hormon tertentu di otak yang membuat Anda mengantuk. Jenis makanan ini baik untuk dikonsumsi sebelum tidur karena membuat rileks pikiran sehingga dapat menghasilkan istirahat malam yang lebih tenang.

Beberapa makanan yang dimaksud, di antaranya pisang dan oatmeal, yang meningkatkan triptofan yang merangsang produksi serotonin (neurotransmitter yang menenangkan) di otak.

Makanan lainnya adalah buah kiwi yang meningkatkan serotonin yang membantu mengawali tidur dan mempertahankan tidur yang tenang.

4. Minum segelas susu hangat

Ada beberapa bukti bahwa susu hangat dapat membantu anak-anak dan orang dewasa tertidur lebih cepat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu mengandung triptofan yang membantu meningkatkan kadar serotonin. Ini membantu meningkatkan kadar melatonin yang merupakan hormon tidur.

Tambahkan satu sendok teh madu ke dalam segelas susu hangat untuk membantu membuat tryptophan lebih mudah diakses, dan minumlah sekitar 30 menit sebelum tidur.

5. Lakukan latihan pernapasan 4-7-8

Anda dapat menggunakan teknik pernapasan khusus untuk membantu tidur lebih cepat. Ini adalah metode menghirup dan mengembuskan napas yang telah terbukti membantu merilekskan tubuh Anda, memperlambat detak jantung, dan membantu Anda merasa lebih tenang sebelum jatuh tertidur.

Caranya:

  • Pertama, biarkan mulut Andaterbuka. Buat suara mendesing, embuskan sepenuhnya melalui mulut.
  • Selanjutnya, tutup mulut Anda, tarik napas dalam-dalam melalui hidung saat Anda menghitung 4 di kepala.
  • Kemudian, selama 7 detik, tahan napas.
  • Buat napas berdesis dari mulut selama 8 detik.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS