Jadi Mentor Gordon Ramsay Masak Rendang, Ini 5 Fakta Menarik William Wongso

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Jadi Mentor Gordon Ramsay Masak Rendang, Ini 5 Fakta Menarik William Wongso
William Wongso [Suara.com/Firsta]

William Wongso banyak dibicarakan setelah dirinya menjadi mentor koki selebriti asal Inggris, Gordon Ramsay, dalam membuat rendang.

Suara.com - Nama William Wongso menjadi trending di media sosial Twitter hari ini, Selasa (30/6/2020). Pakar kuliner Indonesia tersebut banyak dibicarakan setelah dirinya menjadi mentor koki selebriti asal Inggris, Gordon Ramsay, dalam membuat rendang.

Gordon Ramsay secara khusus mengunjungi Sumatera Barat dalam rangka syuting program televisi "Gordon Ramsay: Uncharted". Program ini akan tayang di National Geographic pada Senin (29/6/2020).

Nah, untuk lebih mengenal William Wongso, simak yuk beberapa fakta menarik mengenai lelaki kelahiran Malang 12 April 1947 ini. Berikut yang suara.com rangkum untukmu.

1. Dijuluki sebagai "Diplomat Rendang"

Tak salah jika Gordon Ramsay memilih lelaki yang sering disapa Om Will ini sebagai mentornya dalam membuat rendang. Diketahui, William Wongso pernah mendapat penghargaan bergengsi international dan menyandang julukan "Diplomat Rendang".

Ia pernah mengatakan bahwa di Sumatera Barat sendiri, setidaknya ada lebih dari 250 resep rendang yang berbeda antar desa.

2. Sering mendapat penghargaan international di bidang kuliner

William Wongso kerap berkelana untuk mempelajari berbagai kuliner di suatu daerah. Inilah yang membuatnya menjadi koki andal yang diakui dunia international. Berbagai penghargaan telah diraih, salah satunya Medali Kehormatan (Medaille d’Honneur) dari Academie du Pain Indonesia di Paris.

Saat mendapat penghargaan tersebut, William menjadi satu-satunya orang Indonesia yang menjadi anggota Elite de la Boulangerie International.

Elite de la Boulangerie International adalah klub kuliner bergengsi di dunia. Klub ini merupakan kumpulan para pembuat roti terbaik di seluruh dunia yang saat ini anggotanya hanya berjumlah 33 orang.

3. Menerbitkan berbagai buku resep

Ia pernah menulis buku "Flavours of Indonesia" dan akhirnya memenangi penghargaan bergengsi internasional “Best Cookbook of the Year” pada ajang kompetisi ke-22 Gourmand World Cookbook Awards, yang berlangsung di Yantai, China, pada Juni 2017 silam.

Tak hanya itu, William Wongso juga pernah menerbitkan buku "Cita Rasa Indonesia: Ekspresi Kuliner William Wongso". Resep rendang yang ia ajarkan pada Gordon Ramsay pun diambil dari buku tersebut.

4. Menemukan fakta rendang yang menarik

William Wongso mengatakan kepada Gordon Ramsay bahwa ada ratusan jenis rendang di Indonesia. Jadi, ia tak bisa mengklaim bahwa rendang terbaik adalah rendang buatannya.

Selain itu, meskipun selama ini kita mengetahui bahwa rendang adalah makanan khas Padang, Sumatera Barat, tapi siapa sangka, dalam petualangannya menjelajahi rasa rendang, William Wongso telah menemukan fakta bahwa rendang bukan hanya ala Padang, tapi hampir di mana pun kamu berada.

5. Duta kuliner Indonesia di luar negeri

Pria yang kini berusia 73 tahun itu juga dikenal sebagai Indonesian Food Ambassador atau duta kuliner Indonesia di luar negeri.

Pendiri Aku Cinta Makanan Indonesia (ACMI) ini telah berkelana dan menjadi koki andal yang diakui dunia. Sampai saat ini, William Wongso masih aktif memperkenalkan gastronomi Indonesia ke luar negeri.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS