Masih Banyak yang Keliru, Pakar Ungkap Cara Tepat Pakai Skincare

Ririn Indriani | Dinda Rachmawati
Masih Banyak yang Keliru, Pakar Ungkap Cara Tepat Pakai Skincare
Ilustrasi skincare untuk merawat wajah. (Shutterstock)

Dokter Richard Lee, MARS, merinci cara tepat pakai skincare sehari-hari, dari perawatan pagi hingga malam sebelum tidur. Simak ya!

Suara.com - Merawat kesehatan kulit wajah adalah sebuah investasi tak ternilai. Karenanya, tak sedikit orang yang menggunakan berbagai produk perawatan wajah, baik pada pagi maupun malam hari demi hasil yang maksimal.

Sayangnya, menurut Pakar Dermatologis dr Richard Lee, MARS, 90 persen orang ternyata masih keliru dalam menggunakan berbagai produk perawatan kulit wajahnya.

Padahal, pemakaian yang tepat sangat disarankan, agar kita bisa mendapatkan manfaatnya lebih maksimal.

"Jadi percuma nih kalau skincare yamg kalian pakai mahal-mahal sekalipun, kalau cara pakainya salah, nggak dapet manfaatnya. 90 persen orang masih salah menggunakan skincarenya, terutama salah saat mencuci wajahnya," jelasnya dalam sebuah video di kanal YouTube miliknya.

Baca Juga: Mengenal 4 Istilah Kasta Skincare Indonesia, Lengkap dengan Jerat Hukumnya

Nah, ingin mengetahui bagaimana menggunakan produk perawatan kulit yang tepat dengan urutan yang benar mulai dari pagi hingga malam hari? Simak penjelasan dr Richard, pemilik Klinik Kecantikan Athena berikut ini.

Perawatan Pagi Hari

1. Facial Wash

Rutinitas perawatan kulit yang bisa digunakan setelah kita bangun tidur ialah facial wash. Menurut dr Richard, masih banyak sekali orang yang salah saat menggunakannya.

"Terlalu cepat rubbing (gosok). Terutama cowok-cowok. Itu salah banget apalagi kalau cucinya pakai sabun badan," jelasnya.

Baca Juga: Kiat Dhini Aminarti Pilih Produk Perawatan Kulit: Tak Asal Bikin Putih

Cara yang tepat adalah basahi wajah dengan air terlebih dahulu. Selanjutnya tuang facial wash secukupnya ke tangan, lalu ratakan terlebih dahulu dengan kedua tangan.
Selanjutnya gunakan tiga jari kanan dan kiri dan perlakukan wajah benar-benar spesial.

Pijat dengan gerakan memutar secara lembut ke seluruh wajah terutama di sudut hidung. Lakukan kurang lebih selama 1 menit, lalu bilas dengan air bersih.

"Ingat jangan juga dipijat berlebihan, karena justru akan merangsang kelenjar minyak yang terlalu banyak yang membuat jerawat akan tumbuh lebih banyak. Sedangkan kalau rubbing dengan gerakan asal, kalian tidak akan dapat manfaat dari facial wash tersebut," jelasnya merinci.

Setelah membilas wajah dengan air bersih, penting sekali untuk mengetahui cara mengeringkan wajah dengan handuk. Dokter Richard mengatakan jangan digosok secara asal, tetapi ditepuk-tepuk lembut.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS