alexametrics

Usai Libur Panjang Malah Malas Kerja? 4 Alasan Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Usai Libur Panjang Malah Malas Kerja? 4 Alasan Ini Bisa Jadi Penyebabnya!
Ilustrasi bekerja/karier/kerja/karyawan. (Pexels/Energepic)

Ada beberapa hal yang patut dicurigai yang jadi pemicu Anda merasa takut dan malas saat hari kembali ke kantor. Apa saja?

Suara.com - Libur panjang  akibat cuti bersama sejak 28 Oktober sampai 1 November 2020 baru saja usai. Kini masyarakat sudah kembali berkutat dengan rutinitas sehari-hari termasuk belajar dan bekerja.

Tapi tidak sedikit dari mereka merasa malas, bahkan takut jika harus kembali tugas di kantor. Kalau itu yang terjadi, benarkah ada yang salah dengan diri Anda?

Mengutip situs Forbes, Selasa (11/3/2020) ada beberapa hal yang patut dicurigai yang jadi pemicu Anda merasa takut dan malas saat hari kembali ke kantor, seperti beberapa masalah sebagai berikut:

1. Waktu liburan kurang lama
Waktu berlibur sangat memengaruhi perasaan Anda saat harus kembali ke rutinitas keseharian. Semakin lama Anda berlibur, akan semakin kesal saat harus kembali ke kantor, tetapi liburan yang terlalu singkat juga akan berdampak sama.

Baca Juga: Libur Panjang, 408 Wisatawan di Jawa Barat Reaktif Covid-19

Sehingga seminggu adalah waktu yang ideal untuk berlibur, kurang dari itu biasanya Anda akan merasa takut dan kesal saat harus kembali bekerja.

2. Terlalu sering takut kembali bekerja
Jika perasaan takut dan malas kembali bekerja sekali atau dua kali setelah liburan panjang, itu adalah hal yang wajar, karena kita semua butuh istirahat.

Sedangkan jika perasaan takut atau khawatir terlalu sering dialami setiap akhir pekan, itu harus dikhawatirkan dan dicurigai, karena akhir pekan haruslah jadi pelarian dan penyegaran yang singkat, bukan sebagai pelarian dari semua aktivitas pekerjaan selama lima hari penuh.

3. Tidak ada hal positif, dan lebih banyak hal negatif saat bekerja
Bukan waktu liburan yang berkurang, tapi setiap Anda kembali bekerja setiap itu pula Anda merasa takut, maka cari tahu akar masalah yang Anda alami.

Hal yang patut dikhawatirkan adalah Anda kehilangan hal positif yang seharusnya Anda dapatkan dari pekerjaan, seperti tidak lagi merasa tertantang, bekerja tidak lagi bermakna dan tidak memiliki tujuan.

Baca Juga: Mengkhawatirkan! Selama Libur Bertambah 15 Kasus Baru Corona di NTT

Selain itu, saat bekerja Anda mengalami banyak hal negatif yang disebabkan oleh pekerjaan Anda. Hal negatif ini sampai membuat Anda kecewa sehingga tidak ingin kembali bekerja atau bahkan cenderung menjadi toxic. Contohnya seperti mengalami konflik antarrekan kerja, stres dan sebagainya.

Komentar