alexametrics

Mulai Usaha dengan Bisnis Franchise, Ini Tips dari Pengusaha

M. Reza Sulaiman | Lilis Varwati
Mulai Usaha dengan Bisnis Franchise, Ini Tips dari Pengusaha
Ilustrasi bisnis franchise / waralaba (shutterstock)

Banyak orang mungkin setuju kalau berbisnis bisa mulai dari apa pun. Termasuk jika mulai berdagang lewat bisnis waralaba atau franchise.

Suara.com - Banyak orang mungkin setuju kalau berbisnis bisa mulai dari apa pun. Termasuk jika mulai berdagang lewat bisnis waralaba atau franchise.

Tak perlu bingung memikirkan jenis produm yang akan dijual, bisnis franchise dianggap bisa jadi salah satu pilihan yang memiliki peluang cukup besar.

"Selain dapat membantu ekspansi bisnis, franchise juga dapat membantu untuk menjangkau lebih banyak konsumen dengan waktu yang relatif singkat," kata CEO dan Founder Sour Sally Group Donny Pramono Ie dalam virtual Shopeepay Talk, Rabu (27/1/2021).

Namun bukan berarti memulai bisnis franchise tidak butuh strategi. Donny membagikan tips, setidaknya ada empat hal yang sebaiknya dipersiapkan dalam memulai franchise.

Baca Juga: Keuntungan Bisnis Franchise yang Wajib Anda Ketahui

"Harus bisa diterima produknya untuk calon customer yang dituju. Kedua secara brand awareness, marketing program, promo, partner dengan Shopeepay, itu challange-nya gimana supaya produk kita terkenal atau mungkin berpratner dengan influencer terkenal," tuturnya.

"Ketiga pengalaman management SOP, keempat hitungannya harus masuk. Apa target produk supaya menguntungkan. Berapa biaya sewa, berapa orderan, berapa karyawan," imbuh Donny.

Bisnis franchise dengan menggabungkan teknologi pembayaran digital, menurut Donny, bermanfaat untuk dapat terus menjangkau lebih banyak konsumen.

Hal serupa disampaikan CMO PT Otewe Maju Bersama Tjoek Widharyoko. Selain itu, menurutnya, pembayaran non tunai melalui platform online juga dapat meminimalisir tindak kecurangan yang bisa dilakukan karyawan.

"Kalau pakai digital kan jelas jejak oemvayarannya seperti apa. Jadi meminimalisir kecurangan dari karyawan," ucapnya.

Baca Juga: Tips Ampuh Bisnis Franchise Anti Rugi. Ini yang Harus Kamu Coba!

Ia menambahkan, langkah awal dalam memulai bisnis franchise bisa dengan melihat minat dan kebiasaan masyarakat. Juga disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat bahkan menjadi solusi kehidupan sehari-hari.

Komentar