alexametrics

Ingin Hidup Nyaman di Masa Tua? Ini 7 Cara Menyiapkan Dana Pensiun

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Ingin Hidup Nyaman di Masa Tua? Ini 7 Cara Menyiapkan Dana Pensiun
Ilustrasi menabung dana pensiun. (Dok. Shutterstock)

9 dari 10 orang Indonesia belum siap untuk membiayai hidup di masa tua. Simak cara menyiapkan dana untuk pensiun dini berikut ini.

Suara.com - Pensiun dini dan menikmati masa tua dengan damai kini jadi dambaan generasi muda. Untuk itu, tidak ada salahnya menyiapkan dana pensiun dari sekarang.

Tapi sayangnya menurut survei HSBC, 9 dari 10 orang Indonesia belum siap untuk membiayai hidup di masa tua. Mirisnya 75 persen responden orangtua bahkan mengharapkan bantuan dana dari anaknya.

Jika kamu tidak ingin seperti itu sebaiknya, segera persiapkan dana pensiun sejak dini. Caranya bisa dengan menerapkan 7 langkah berikut berdasarkan siaran pers Ruangguru, Rabu (3/3/2021).

1. Tentukan jumlah dana pensiun

Baca Juga: Bety, Wanita Pembobol Dana Pensiun Pertamina Rp1,4 T Tertangkap di Kemang

Tentukan kapan kamu ingin pensiun dan pahami kebutuhan apa saja yang akan kamu butuhkan di masa senja nanti, sehingga kamu dapat menentukan estimasi jumlah dana pensiun yang kamu inginkan.

Saran yang umum diberikan adalah untuk menyisihkan 10 hingga 15 persen penghasilan bulanan untuk dana pensiun kamu. Jumlah ini masih dapat berubah, tergantung dari kebutuhan dan hal apa yang kamu inginkan di masa pensiun nanti.

Saat ini, ada banyak laman web yang menyediakan jasa kalkulator perhitungan estimasi dana pensiun yang sehat dan bisa kamu gunakan sebagai langkah awal.

2. Mulai berinvestasi

Ada beragam cara yang dapat kamu jadikan pilihan untuk menyisihkan dana pensiun kamu. Mulai dari menabung, hingga investasi.

Baca Juga: Khusus Perempuan, Menabung di Bank Kini Bisa Dapat Asuransi Kanker

Jangan sisihkan semua dana kamu ke dalam satu tempat menabung saja tetapi justru dipecah ke dalam beberapa tabungan. Pilihannya seperti tabungan dengan bunga kecil hingga tabungan dengan risiko tinggi dan ambisius.

Komentar