alexametrics

Ketahui 13 Sajian Khas Hari Raya Lebaran dari Seluruh Dunia

Risna Halidi | Dinda Rachmawati
Ketahui 13 Sajian Khas Hari Raya Lebaran dari Seluruh Dunia
Hidangan Lebaran. (Shutterstock)

Hidangan spesial apa yang juga disantap oleh Muslim di seluruh dunia saat Lebaran? Nah, untuk mengetahuinya, berikut daftarnya ya!

Suara.com - Sama seperti perayaan lainnya, Idulfitri juga identik dengan beragam makanan lezat yang sulit untuk dilewatkan. Terlebih, setelah satu bulan berpuasa, ketupat, rendang, opor, sambal goreng ati hingga hidangan lainnya terasa semakin spesial untuk memuaskan selera.

Selain di Indonesia, pernahkan kamu bertanya-tanya, hidangan spesial apa yang juga disantap oleh Muslim di seluruh dunia saat Lebaran? Nah, untuk mengetahuinya, berikut daftarnya seperti yang telah dilansir dari Says.

1. Sambal goreng pengantin (Singapura)
Makanan khas Singapura ini merupakan sup pedas yang terbuat dari daging cincang, paru-paru sapi, udang, tahu, dan tempe yang direbus dengan bumbu sambal terasi, kaldu dan bumbu khusus lainnya untuk mendapatkan cita rasa yang unik. Disajikan pada acara-acara khusus, biasanya sambal goreng pengantin dinikmati dengan lontong atau nasi minyak.

2. Opor ayam (Indonesia)

Baca Juga: Maksud Hati Masak Gulai Ikan, Pas Matang Malah Bikin Ngeri

Opor Ayam. (Laukita)
Opor Ayam. (Laukita)

Selain rendang khas Minang, opor ayam menjadi pusat perhatian di Indonesia selama Hari Raya. Hidangan ayam yang harum, direbus dengan santan dan paduan khas rempah khas Indonesia ini selalu dapat dinikmati dengan tambahan ketupat!

3. Sheer khurma (Bangladesh)
Juga dikenal secara lokal sebagai payasam (hidangan manis yang disajikan selama Deepavali), sheer khurma adalah hidangan pencuci mulut yang dibuat dengan bihun panggang (atau sagu) yang dimasak dengan susu manis, pistachio panggang atau kacang mete, lalu disajikan dengan kurma segar. Biasanya makanan dinikmati, hangat dan dingin, setelah salat ied di pagi hari.

4. Bolani (Afghanistan)

Bolani, kudapan khas Idulfitri dari Afghanistan. (Freepik.com)
Bolani, kudapan khas Idulfitri dari Afghanistan. (Freepik.com)

Roti pipih Afghanistan yang renyah dan gurih ini diisi dengan banyak isian sayuran yang dibumbui seperti kentang, daun bawang, lentil, labu, ketumbar, dan banyak lagi. Rendah karbohidrat dan kalori, ini adalah alternatif sempurna untuk hidangan sarat daging saat Idulfitri.

5. Kahk cookies (Mesir)
Pesta Kerajaan Mesir tidak akan lengkap tanpa kahk, kue berbumbu berisi kacang-kacangan dan ditaburi gula bubuk bersalju. Berasal dari Mesir, kamu juga akan menemukan kue manis ini di negara-negara Timur Tengah lainnya, dengan isian alternatif madu, kenari, pistachio, dan lainnya.

Baca Juga: Cocok untuk Keluarga, Ini Tips Pakai Seragam Batik Saat Lebaran

6. Handulu bondibai (Maladewa)
Spesialisasi Maladewa ini dapat dinikmati baik sebagai makanan penutup, atau hidangan utama. Kamu bisa menikmati hidangan ketan manis ini dengan sendirinya, atau dengan tambahan kulhimas, yaitu hidangan ikan pedas yang menyeimbangkan rasa manis dari Bondibai yang dicampur pandan.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar