alexametrics

Cara Membersihkan Rumah dengan Cepat dan Mudah

Dany Garjito
Cara Membersihkan Rumah dengan Cepat dan Mudah
Cara Membersihkan Rumah dengan Cepat dan Mudah. (Shutterstock)

Berikut cara membersihkan rumah dengan cepat.

Suara.com - Memiliki rumah yang bersih tentunya menjadi impian bagi setiap pemilik rumah, pasalnya dengan kondisi bersih dan rapi akan menumbuhkaan mood bagus dalam diri kita. Nah, yang kerap jadi pertanyaan adalah bagaimana cara membersihkan rumah dengan cepat dan mudah? 

Ada sebuah pepatah yang menyebutkan “rumahku adalah surgaku”, dari pepatah tersebut dapat kita simpulkan bahwa rumah bukan hanya sekedar bangunan dimana kita tinggal. Melainkan juga sebagai bentuk representasi dari diri kita.

Sedangkan sebagian dari kita menganggap membersihkan rumah sebagai pekerjaan yang berat dan memakan waktu, sedangkan membersihkan merupakan kegiatan rutin yang harus kita lakukan.

Berikut adalah ulasan tentang cara membersihkan rumah dengan cepat, mudah, dan efisien, mari simak!

Baca Juga: Tanaman Palawija yang Bisa Ditanam di Pekarangan Rumah

Infografis cara menghilangkan bau di rumah. (Suara.com/Ema Rohimah)
Infografis cara menghilangkan bau di rumah. (Suara.com/Ema Rohimah)

Tips Membersihkan Rumah

  • Tanamkan Niat dan Tekad yang Kuat
    Seperti yang kita ketahui membersihkan rumah merupakan sebuah kegiatan yang terbilang susah-suah gampang, artinya memang kita kerap kali tidak memiliki waktu dan malas bergerak untuk membersihkan ruangan. Tips yang pertama adalah dengan cara menanamkan niat dan tekad dalam hati untuk membersihkan rumah.
  • Bersihkan dari yang Paling Mudah
    Tips yang kedua adalah mulailah membersihkan dari bagian yang paling mudah terlebih dahulu, seperti dimulai dari kamar tidur, lalu ke kamar mandi, kemudian dilanjutkan ke dapur dan seterusnya.
  • Buat Estimasi Waktu
    Tips selanjutnya adalah dengan cara membuat estimasi waktu, setidaknya ketika kita memiliki target yang harus dicapai dalam estimasi waktu yang sudah kita tentukan dapat memicu diri kita untuk bergerak lebih cepat dalam menyelsaikan pekerjaan.
  • Siapkan Ruang Kontemporer
    Selanjutnya adalah pisahkan barang-barang yang sering dipakai dan sudah tidak terpakai pada sebuang ruang kontemporer, selain itu artinya anda benar-benar harus dapat memilih dan memilah barang-barang tersebut untuk nantinya akan dibuang atau disumbangkan.
    Dalam beberapa kasus memang ego kita untuk menyimpan banyak sekali barang membuat kita kewalahan dalam merawat dan memberrsihkan barang tersebut, hasilnya adalah kita semakin merasa malas untuk membersihkan rumah.
  • Gunakan Alat Pembersih yang Proper
    Tips yang kelima adalah dengan menggunakan alat pembersih yang proper, jangan lupa untuk mengumpulkannya pada 1 wadah yang sama. Hal ini bertujuan agar anda tidak kesulitan ketika akan menggunakannya nanti.
  • Gunakan Jasa Bersih-bersih
    Ini merupakan tips opsional yang dapat anda lakukan, contohnya bagi anda yang benar-benar tidak memiliki waktu untuk membersihkan rumah. Memang alangkah baiknya jika rumah pribadi anda dibersihkan secara mandiri karena detail yang ada pada rumah hanya anda yang mengerti, selain itu juga untuk menjaga kebugaran badan anda agar tetap bergerak.

Cara Membersihkan Rumah Cepat dan Efisien

Decluttering atau membersihkan rumah besar-besaran. (Shutterstock)
Cara Membersihkan Rumah dengan Cepat dan Mudah. (Shutterstock)

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin nomor 3 di atas, kunci utama untuk membersihkan rumah secara cepat adalah dengan cara membuat estimasi waktu. Berikut kami rangkumkan untuk anda cara cepat membersihkan rumah:

  • Kamar Tidur (10 menit)
    Mulailah dari melipat selimut, merapikan bantal dan pakaian-pakaian yang berserakan di dalam kamar anda. Pastikan anda memulainya dari hal-hal kecil agar pekerjaan terasa lebih ringan.
  • Kamar Mandi (20 menit)
    Lanjutkan untuk membersihkan kamar mandi, anda dapat memanfaatkan alat pembersih yang anda miliki atau menggunakan cuka putih dan lemon untuk membantu menggosok dinding wc.
  • Dapur (30 menit)
    Selanjutnya adalah bagian dapur, cuci semua bekas piring yang ada di dapur.
  • Ruang tamu (20 menit)
    Terakhir anda dapat mulai untuk membereskan barang yang tercecer maupun kotor pada bagian ruang tamu.

Demikian adalah ulasan tentang cara membersihkan rumah dengan cepat, mudah, dan efisien, semoga dapat memberikan wawasan baru bagi anda.

Kontributor : Dhea Alif Fatikha

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Noda Urine pada Dudukan Kloset, Ampuh!

Komentar