alexametrics

Jangan Remehkan Posisi Tidur, Bisa Jadi Sebab Mimpi Buruk

Bimo Aria Fundrika | Lilis Varwati
Jangan Remehkan Posisi Tidur, Bisa Jadi Sebab Mimpi Buruk
Ilustrasi posisi tidur. (Shutterstock)

Posisi di mana Anda tidur tidak hanya memengaruhi kualitas tidur sepanjang malam, tetapi juga dapat memiliki hubungan aneh dengan mimpi yang mungkin dialami.

Suara.com - Ada berbagai kepercayaan unik di dunia yang sama sekali tidak berkaitan dengan sains. Misalnya, orang percaya bahwa tidur dengan posisi atau arah tertentu bisa menjauhkan diri dari roh jahat. 

Setiap budaya memiliki pemahaman tentang hal tersebut. Seperti, kepercayaan fengshui yang meyakini bahwa menempatkan tempat tidur dengan menghadap ke Timur, Tenggara, Barat, Barat Laut atau Barat Daya akan berdampak baik. 

Di India, praktik kuno Vastu menyarankan tidur di arah Selatan dan Timur.  Posisi di mana Anda tidur tidak hanya memengaruhi kualitas tidur sepanjang malam, tetapi juga dapat memiliki hubungan aneh dengan mimpi yang mungkin dialami.

Misalnya, jika Anda tidur dengan tangan di dada, kemungkinan besar akan berguling-guling sepanjang malam sampai tiba-tiba terbangun dari mimpi yang mengerikan. Anehnya, banyak orang memiliki keluhan serupa tentang tidur dengan tangan di dada.

Baca Juga: Sering Pegal di Pagi Hari, Berikut 4 Posisi Tidur yang Baik untuk Punggung

Ilustrasi posisi tidur. (Shutterstock)
Ilustrasi posisi tidur. (Shutterstock)

Tapi pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa hal itu terjadi? 

Teori tertentu tentang tidur dengan tangan di dada menunjukkan bahwa hal itu dapat menyebabkan beberapa tingkat stres pada tubuh.

Sekarang ingatlah bahwa ketika Anda tidur, tetapi masih ada sedikit pikiran di kepala padahal bagian-bagian tubuh dalam keadaan relaksasi. Akibatnya bisa jadi pemicu meningkatkan detak jantung. 

Jadi dari keadaan relaksasi, tubuh mencoba menyesuaikan diri dengan beban tambahan yang masih dipikirkan saat Anda tidur dengan telapak tangan di dada.

Teori lain  adalah ketika Anda stres, aliran oksigen ke bagian otak yang menyimpan ingatan akan terganggu. Hal ini pada gilirannya menciptakan kepanikan dan otak mencoba untuk mengingatkan kita dengan mengirimkan citra negatif dalam bentuk mimpi buruk.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, 3 Posisi Tidur Ini Bisa Pengaruhi Kesehatan Anda!

Dikutip dari AsiaOne, beberapa penelitian  yang menunjukkan bahwa mengubah posisi tidur dapat berdampak besar pada munculnya mimpi. Tetapi ingatlah bahwa meskipun mimpi Anda mungkin berubah, itu sebagian besar dipengaruhi oleh apa yang dipikirkan atau bagaimana Anda bereaksi.

Komentar