alexametrics

9 Jenis Ikan Cupang yang Paling Populer untuk Dipelihara di Akuarium

Rima Sekarani Imamun Nissa
9 Jenis Ikan Cupang yang Paling Populer untuk Dipelihara di Akuarium
Ikan Cupang (Shutterstock)

Berikut beberapa jenis ikan cupang yang bisa dipelihara di akuarium rumah Anda.

Suara.com - Ikan cupang atau Betta fish atau Siamese Fighting adalah jenis ikan hias akuarium yang indah. Ikan cupang bisa dibilang ikan hias terpopuler setelah ikan mas. Ada berbagai jenis ikan cupang yang bisa dipelihara.

Ikan cupang memiliki berbagai warna cerah, seperti intense orange, shocking pink, dan lainnya. Jika kamu tertarik memeliharanya, ketahui berbagai jenis ikan cupang dan cara memeliharanya seperti dikutip dari Tetra Fish, Rabu (15/9/2021).

Jenis Ikan Cupang secara Umum

Berikut adalah berapa jenis ikan cupang yang paling umum ditemukan di toko hewan peliharaan. Kebanyakan nama ikan cupang dinamai berdasarkan bentuk ekornya.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Hiu, Si Predator Laut yang Nyaris Punah

Infografis Ikan cupang. (Suara.com/Iqbal Asaputro)
Infografis Ikan cupang. (Suara.com/Iqbal Asaputro)

1. Crowntail

Ekor dan siripnya yang runcing membuat cupang mahkota terlihat royal. Ekornya berbentuk tetesan air mata dengan anyaman di antara serit siripnya menampilkan duri atau garpu sehingga disebut crowntail, yaitu ekor yang menyerupai mahkota.

2. Delta/Super Delta

Delta atau ikan cupang super delta memiliki ekor dengan tepi ekor lurus. Hanya saja, jenis ikan cupang ini tidak mencapai 190 derajat seperti ikan cupang halfmoon (Kembangan ekor delta biasa jauh lebih kecil).

Hal yang membuat delta dan super delta terlihat indah adalah sebaran ekornya yang merata. Jika ditarik garis horizontal melalu bagian tengah tubuhnya, tercipta garis simetris yang membagi ekor atas dan bawahnya.

Baca Juga: 10 Penyebab Kucing Muntah dan Langkah Penanganannya

3. Doubletail

Seperti namanya, doubletail memiliki ekor ganda yang berbeda dan masing-masing berbentuk seperti bulan sabit. Inilah yang membedakan doubletail dengan cupang yang hanya memiliki ekor tunggal yang terbelah.

4. Half Sun/Combtail

Ikan cupang ini biasanya dibiakkan dengan menyilangkan veiltail dengan crowntail. Half sun memiliki ekor yang sedikit lebih runcing dibandingkan dengan crowntail.

5. Halfmoon

Salah satu jenis ikan cupang tercantik adalah cupang halfmoon yang memiliki ekor 180 derajat seperti kipas dan menyerupai huruf "D" saat mengembang penuh.

Ikan cupang. (Suara.com/Iqbal Asaputro)
Ikan cupang. (Suara.com/Iqbal Asaputro)

Cupang sirip panjang ini juga memiliki warna yang tidak biasanya. Kita harus ekstra menjaga halfmoon karena ekornya yang rentan mengalami robek atau rusak.

6. Plakat

Nenek moyang semua ikan cupang. Ikan cupang plakat memiliki ekor yang lebih pendek dengan bentuk bulat atau sekop. Ikan cupang yang kuat dan agresif ini kurang rentan terhadap cedera dan penyakit.

7. Rosetail

Sejenis Betta halfmoon, rosetail atau Betta Feathertail juga memiliki ekor seperti kipas. Namun, ekornya memiliki percabangan berlebihan dan tumpang tindih dalam sinar siripnya yang menyerupai penampilan bunga mawar yang acak-acakan. Ada pula tampilan sedikit zig-zag yang disebut sebagai feathertail.

8. Round tail

Terkadang disalahartikan sebagai jenis cupang lain, Betta roundtail (atau cupang ekor kipas) memiliki satu ekor yang bulat dan penuh. Ekornya benar-benar membulat tanpa tepian lurus di dekat tubuh yang membuat sebagian besar ekornya berbentuk D.

9. Veiltail

Salah satu jenis ikan cupang paling populer, veiltail betta atau cupang cadar dikenal karena siripnya yang panjang dan spektakuler serta warnanya yang cerah. Para pemula biasanya memulai dengan memelihara veiltail karena sifatnya yang santai.

Cara Memelihara Ikan Cupang

Ikan cupang memerlukan teman berbagi di akuarium yang tepat, yaitu dari ikan non-agresif. Pastikan kamu mengetahui jenis kelamin ikan cupang sebelum memasukkannya di akuarium. Dua ikan cupang jantan dalam tangki yang sama akan saling bertarung.

Cupang yang dibiakkan untuk memiliki sirip besar dan berat, tidak memerlukan banyak ruang dan aliran air yang tinggi bisa membatasi pertumbuhan dan perkembangan sirip mereka.

Tempatkan ikan cupang dalam akuarium yang lebih besar dengan filter serta pastikan asupan dan aliran airnya lancar. Penggantian air harus dilakukan setiap minggu. Selalu jaga temperatur suhu berkisar antara 78-80 derajat F.

Itulah 9 jenis ikan cupang yang bisa jadikan pilihan sebelum memilikinya beserta cara memelihara ikan cupang yang baik. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar