alexametrics

5 Fakta Menarik Hiu, Si Predator Laut yang Nyaris Punah

Vania Rossa | Lilis Varwati
5 Fakta Menarik Hiu, Si Predator Laut yang Nyaris Punah
Ilustrasi ikan hiu. (pixabay.com)

Salah satunya, ganti gigi dalam waktu 24 jam.

Suara.com - Dalam rantai makanan, hiu berada diposisi teratas yang artinya ia menjadi predator ulung seantero laut. Namun, meski tak punya musuh hewan laut lain yang akan memangsanya, keberadaan hiu masih terancam justru karena ulah manusia.

Organisasi World Wide Fund (WWF) for Nature Indonesia mencatat bahwa Indonesia sendiri menjadi negara produsen hiu terbesar di dunia, yakni sebesar 16,8 persen dari total penangkapan di seluruh dunia.

Tak heran jika populasi hiu di laut Indonesia semakin terancam punah. Penurunan populasi hiu di Indonesia disebabkan oleh tingginya permintaan konsumsi sirip, daging, dan lain sebagainya.

WWF Indonesia memperkirakan, sekitar 12.622 kg sirip hiu di Indonesia dihidangkan di berbagai restoran dan hotel di Jakarta dalam satu tahun.

Baca Juga: Lebih Besar dari T-rex, Dinosaurus Raksasa Bergigi Hiu Ditemukan di Uzbekistan

Padahal, sebagai predator teratas, hiu memiliki peran untuk menjaga keseimbangan ekosistem di laut. Apabila populasi hiu terancam, maka keseimbangan ekosistem dan rantai makanan di laut juga akan terganggu.

Meski seringkali dilabeli sebagai pemangsa manusia juga, namun hal tersebut tidak selalu benar. Dikutip dari Ruang Guru, berikut lima fakta mengenai hiu.

1. Hiu hidup lebih tua dari dinosaurus
Ternyata hiu ditemukan jauh sebelum dinosaurus ada. Hiu muncul 410 juta tahun yang lalu, sementara dinosaurus ditemukan 230 juta tahun yang lalu. Namun, nasibnya berbeda dengan dinosaurus yang mengalami kepunahan massal 66 juta tahun yang lalu. Hiu dapat bertahan karena mengarungi samudra untuk berpindah tempat.

2. Hiu punya beberapa kepribadian
Layaknya manusia, hiu juga punya sifat. Penelitian terbaru menemukan sejumlah hiu dapat memberi reaksi yang berbeda di situasi tertentu. Beberapa hiu ada yang mempunyai sifat pemalu dan mudah stres, ada pula yang berani dan tidak gampang stres.

3. Punya masa mengandung paling lama
Pada jenis tertentu, hiu mempunyai waktu mengandung paling lama dari binatang mana pun di dunia. Contohnya, spesies Chlamydoselachus anguineus dapat mengandung selama 3,5 tahun. Maka dari itu, hiu termasuk hewan dengan perkembangbiakan yang lambat. Apabila satu hiu mati, maka butuh waktu lama untuk kembali ada hiu baru dilahirkan.

Baca Juga: Momen Langka! Ini Penyebab Sekawanan Hiu Tutul Menepi di Perairan Lamongan

4. Ukuran hiu mengecil dari masa ke masa
Perubahan iklim membuat ukuran tubuh hiu mengalami evolusi menjadi lebih kecil dari sebelumnya. Air hangat menyebabkan hiu butuh lebih banyak energi untuk beraktivitas dan metabolisme tubuh. Selain itu, perubahan iklim juga berdampak pada berkurangnya ketajaman indra penciuman hiu untuk berburu.

5. Hiu ganti gigi dalam waktu 24 jam
Berdasarkan data dari National Geographic Kids, hiu mempunyai kurang lebih 10.000 gigi sepanjang hidupnya. Itu artinya hiu sering sekali ganti gigi karena kondisinya mudah patah. Desain giginya memang tidak tertancap kuat di geraham, namun kekuatannya dalam mengoyak makanan sangat kuat. Gigi baru hiu juga akan tumbuh dalam waktu 24 jam.