alexametrics

Ketahui 11 Warna Dasar dalam Feng Shui Beserta Artinya

Risna Halidi
Ketahui 11 Warna Dasar dalam Feng Shui Beserta Artinya
Ilustrasi Warna-warna. (Pixabay, Garageband)

Berikut adalah 11 warna utama dalam feng shui dan signifikansinya.

Suara.com - Warna merupakan aspek yang sangat penting dalam feng shui. Dikatakan warna terkait dengan banyak prinsip feng shui dan aliran pemikiran kosmologis Tao.

Warna adalah salah satu dari banyak alat yang digunakan praktisi feng shui saat menyesuaikan energi ruang. Warna memiliki dampak besar pada perasaan, dan juga salah satu elemen paling sederhana dari sebuah ruangan untuk diubah.

Baik Anda yang hendak mengecat dinding, menambahkan karya seni baru, atau mengganti bantal, bermain dengan warna bisa menjadi cara yang mudah, menyenangkan, dan tidak permanen untuk mengalihkan energi di rumah Anda.

Ada beberapa cara untuk mendekati warna dari perspektif feng shui. Dilansir dari Thespruce, berikut adalah 11 warna utama dalam feng shui dan signifikansinya.

Baca Juga: Jangan Sampai Pudar! Ini 5 Cara Rawat Pakaian Warna Hitam

1. Putih

Ilustrasi perempuan mengenakan baju putih. (Pixabay/Qiuyang)
Ilustrasi perempuan mengenakan baju putih. (Pixabay/Qiuyang)

Putih mewakili sisi Yang dalam Tai Qi, atau simbol yin-yang. Dalam banyak budaya, putih berhubungan dengan musim dingin, yang merupakan keadaan tidak aktif ketika bumi sedang beristirahat.

Putih juga terhubung ke elemen logam, yang mewakili kejernihan mental, produktivitas, dan penyelesaian. Ini terhubung ke area Anak-anak di peta feng shui bagua. Cobalah untuk menjelajahi semua aspek putih dan putih pudar di rumah Anda untuk melengkapi warna lain.

2. Hitam

Ilustrasi Pakaian Hitam. (pexels.com)
Ilustrasi Pakaian Hitam. (pexels.com)

Jika putih adalah ketiadaan warna, maka hitam adalah jumlah dari semua warna. Ini juga merupakan sisi yin dari simbol Tai Qi. Dalam banyak budaya, warna hitam dikaitkan dengan tema yang lebih gelap, tetapi dalam feng shui juga memiliki hubungan yang lebih positif dengan kedalaman dan eksplorasi pribadi.

Baca Juga: Masjid Istiqlal Dipasang Lampu Warna-Warni Mirip Diskotek, Ini Faktanya

Hitam juga mewakili elemen air, yang terkait dengan keheningan, kebijaksanaan, dan perenungan yang tenang. Ini terhubung ke area Karir peta feng shui bagua. Secara umum, hitam adalah warna aksen yang bagus untuk digunakan untuk menghadirkan keanggunan abadi ke dalam rumah Anda.

3. Abu-abu

Ilustrasi Burung Beo Abu-abu Afrika.[Unsplash/Tausif Ahmed]
Ilustrasi Burung Beo Abu-abu Afrika.[Unsplash/Tausif Ahmed]

Abu-abu merupakan kombinasi dari hitam dan putih, namun juga terhubung ke areanya sendiri di peta feng shui bagua yang membantu Anda terhubung dengan orang-orang yang membantu dalam hidup Anda. Sebagai warna netral, warna ini dapat digunakan di sebagian besar rumah.

4. Biru

Ilustrasi Dress Code Biru (Pexels/Yaroslav Shuraev)
Ilustrasi Warna Biru (Pexels/Yaroslav Shuraev)

Arti feng shui dalam warna biru berubah tergantung pada nadanya. Blues mid-tone dan teal, misalnya, mewakili elemen kayu. Kayu terhubung dengan pertumbuhan, vitalitas, dan kasih sayang. Biru tengah malam yang hampir hitam menghubungkan ke elemen air yang dalam dan gelap.

Dalam banyak budaya Asia, warna biru tertentu dihubungkan dengan berkabung. Dalam agama Buddha, biru terkait dengan kesejahteraan, dilambangkan dengan Buddha Pengobatan berwarna lapis. Biru juga menghubungkan area Keluarga dan Pengetahuan dari peta feng shui bagua.

5. Hijau

Sayuran Hijau (Pixabay)
Sayuran Hijau (Pixabay)

Hijau adalah warna feng shui pembaruan, energi segar, dan regenerasi. Saat bekerja dengan warna hijau, penting untuk memiliki setidaknya beberapa warna berbeda untuk memaksimalkan efek energi feng shui.

Hijau terhubung ke area Keluarga dari peta feng shui bagua. Warna ini dapat dimasukkan ke dalam rumah Anda dengan aksen dekorasi rumah, cat, atau bahkan dengan tanaman hias hijau yang hidup.

6. Merah

ilustrasi kacang merah (pixabay,com)
ilustrasi kacang merah (pixabay,com)

Dalam feng shui, merah merupakan warna yang menggantikan warna lainnya. Merah adalah warna yang paling kuat dalam feng shui dan dianggap sangat menguntungkan. Merah sering digunakan untuk melindungi dan membersihkan rumah atau energi seseorang.

Dalam tradisi Feng Shui Sekte Hitam, amplop merah digunakan untuk menghormati dan melindungi konsultan feng shui dan klien mereka. Merah juga sangat mengaktifkan dan memberi energi, dan terlalu banyak warna merah bisa membuat banyak orang kewalahan. Sebaiknya hindari warna merah dalam jumlah besar di ruang yang dimaksudkan agar lebih santai, seperti kamar tidur.

Karpet cantik dengan warna merah bisa menjadi cara yang lembut untuk membawa energi merah. Merah juga merupakan warna elemen api dan area ketenaran peta feng shui bagua, yang terhubung dengan visibilitas, inspirasi, dan kejelasan.

7. Merah muda

Berlian "The Spirit of the Rose", berlian ungu-merah muda terbesar di dunia terjual seharga $26.6 juta atau setara Rp 408 miliar lebih, di Jenewa, 11 November 2020 / [Foto: Reuters]
Berlian "The Spirit of the Rose", berlian ungu-merah muda terbesar di dunia terjual seharga $26.6 juta atau setara Rp 408 miliar lebih, di Jenewa, 11 November 2020 / [Foto: Reuters]

Merah muda adalah warna halus dalam feng shui yang dikaitkan dengan area Kemitraan dan Cinta di peta bagua. Ini adalah warna yang digunakan untuk mengaktifkan cinta diri, kelembutan, dan menarik hubungan.

8. Cokelat

Katak cokelat,Litoria mira. [Australian Journal of Zoology]
Katak cokelat,Litoria mira. [Australian Journal of Zoology]

Nuansa bersahaja seperti cokelat membawa elemen tanah ke dalam rumah Anda. Elemen tanah adalah tentang landasan, stabilitas, dan perawatan diri. Lantai atau furnitur kayu cokelat adalah cara yang bagus untuk mengundang elemen tanah ke dalam rumah Anda.

9. Kuning

Ilustrasi jeruk lemon [Shutterstock].
Ilustrasi jeruk lemon [Shutterstock].

Tergantung pada situasinya, kuning dapat mengingatkan kita pada sinar matahari yang hangat dan bersinar atau tanah yang subur dan teroksidasi. Ini adalah warna elemen tanah dan area Kesehatan (atau pusat) peta feng shui bagua, yang membumi, memelihara, dan stabil.

Kuning juga melambangkan kedudukan tinggi dan kerendahan hati. Kuning keemasan cerah digunakan untuk mewakili emas untuk jubah kaisar Tiongkok. Dalam agama Buddha, jubah biarawan berwarna kuning oker berhubungan dengan kerendahan hati dan penyerahan diri.

10. Oranye

Ilustrasi minuman orange squash. (Shutterstock)
Ilustrasi minuman orange squash. (Shutterstock)

Seperti warna biru, arti feng shui dari warna oranye berubah tergantung pada nadanya. Karena oranye merupakan kombinasi kuning dan merah, hal ini membuatnya menjadi warna yang kuat, karena memiliki kekuatan merah dan stabilitas kuning.

Ini juga berarti dapat bergeser antara elemen tanah atau elemen api. Jeruk yang cerah dan berapi-api mengingatkan pada bara api yang menyala, sementara jeruk kekuningan lebih bersahaja dan membumi.

11. Ungu

Ilustrasi Lavender. (Pixabay)
Ilustrasi Lavender. (Pixabay)

Dari lavender hingga ungu terong yang lebih kaya, ungu terhubung dengan bangsawan dan kekayaan. Ini adalah warna yang menginspirasi rasa hormat, dan dapat digunakan untuk menghubungkan qi Anda dengan kekuatan, kemakmuran, dan kelimpahan.

Merah tua yang berubah menjadi ungu adalah warna yang sangat menguntungkan, melambangkan kekayaan dan kekuasaan. Sebagai kombinasi merah menyala dan biru dingin, ungu juga dapat mengundang harmoni dan keseimbangan. (Carissa Lim)

Komentar