alexametrics

Penting Diketahui! Ini 8 Penyebab Buang Air Besar Berdarah

Rima Sekarani Imamun Nissa
Penting Diketahui! Ini 8 Penyebab Buang Air Besar Berdarah
Ilustrasi buang air besar (Unsplash/Giorgio Trovato)

Apa saja penyebab buang air besar berdarah? Simak penjelasan berikut.

Suara.com - Buang air besar yang berlebihan dalam sehari tentunya sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Terlebih lagi saat buang air besar dibarengi dengan keluar darah alias buang air besar berdarah. Lalu, apa saja penyebab buang besar berdarah tersebut?

Buang air besar yang dibarengi dengan keluar darah tentunya membuat khawatir dan takut terjadi sesuatu yang serius pada tubuh kita. Sebenarnya, kondisi seperti ini dapat disebabkan oleh sejumlah faktor.

Keluarnya darah ketika buang air besar tak selalu menjadi pertanda masalah serius. Terkadang, kadar darah yang keluar bersama tinja cenderung kecil sehingga butuh tes okultisme tinja untuk mendeteksinya.

Melansir dari WebMD, simak beriku beberapa penyebab buang air besar berdarah yang penting untuk diketahui. 

Baca Juga: Yakin Sedang Sehat? Ketahui Kondisimu dari Warna Feses!

Ilustrasi buang air besar (Shutterstock)
Ilustrasi buang air besar (Shutterstock)

1. Penyakit divertikular

Divertikula merupakan kantong kecil yang terbentuk pada sepanjang jalur percernaan, terutama pada bagian usus besar. Penyakit ini umumnya tidak berdampak serius, hanya saja terkadang terjadi pendarahan atau infeksi.

2. Fisura anal

Robekan kecil yang terjadi pada jaringan lapisan anus. Biasanya robekan ini terjadi karena tinja saat buang air besar terlalu keras dan terasa menyakitkan. Sehingga lapisan anus mengalami robekan kecil.

3. Kolitis

Baca Juga: Jika Punya Sepupu Kena Kanker Usus Besar, Risiko Anda Bisa Meningkat

Kolitis merupakan peradangan yang terjadi pada saluran pencernaan, terutama bagian usus besar. Umumnya, penyakit ini disebab oleh penyakit radang usus atau infeksi. 

4. Angiodisplasia

Angiodisplasia ini merupakan suatu kondisi di mana darah keluar ketika buang air besar. Umumnya, penyakit ini disebabkan karena pembuluh darah rapuh sehingga mengalami pendarahan.

5. Ulkus peptikum

Buang air besar berdarah bisa juga disebabkan oleh Ulkus Peptikum. Penyakit ini terjadi karena luka terbuka pagi lapisan yang berada tepat di atas usus kecil. Umumnya, penyakit ini disebabkan bakteri Helicobacter pylori.

Selain penyebab di atas, ada lagi penyebab lainnya yang membuat keluar darah saat buang air besar seperti dikutip dari Medical News Today, berikut ini penyebab keluar darah saat buang air besar.

1. Alergi makanan

Keluar darah saat buang air besar bisa juga disebabkan karena alergi terhadap makanan atau susu sehingga menyebabkan terjadinya gastroenteritis yang menimbulkan pendarahan usus.

Ilustrasi susu (Pixabay/Couleur)
Ilustrasi susu (Pixabay/Couleur)

2. Kelainan gastrointestinal struktural

Penyebab lainnya yang membuat darah keluar saat buang air besar yaitu karena kelainan gastrointestinal struktural. Adapun masalah yang sebabkan usus jadi bengkok sehingga terjadi pendarahan yaitu volvulus dan malrotasi usus.

3. Enterokolitis nekrotikans

Penyakit ini juga yang menimbulkan darah keluar saat buang air besar. Penyakit ini menyebabkan peradangan, bahkan kematian jaringan usus besar. Umumnya, penyakit ini menyerang bayi baru lahir atau bayi prematur.

Nah, itulah informasi mengenai penyebab buang air besar berdarah yang penting untuk kamu ketahui. Untuk menghindari dampak serius, sebaiknya konsultasikan pada dokter atau ahli medis.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar