alexametrics

Jangan Asal, Begini Cara Pilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

Bimo Aria Fundrika
Jangan Asal, Begini Cara Pilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah
Ilustrasi kacamata. (Pixabay)

Oleh sebab itu, penting untuk selalu memperhatikan bentuk wajah sebelum memilih kacamata.

Suara.com - Meskipun tidak memiliki gangguan pengelihatan, banyak orang menggunakan kacamata sebagai aksesoris tambahan. Tapi, tidak semua bentuk kacamata bisa cocok di setiap bentuk wajah.

Oleh sebab itu, penting untuk selalu memperhatikan bentuk wajah sebelum memilih kacamata.  Dilansir dari 5 Minute Crafts, berikut cara memilih kacamata berdasarkan bentuk wajah.

1. Wajah bulat

Ilustrasi Wanita Berkacamata. (pexels.com/Hoang Loc)
Ilustrasi Berkacamata. (pexels.com/Hoang Loc)

Wajah bulat ditandai dengan dahi lebar, pipi penuh, dan dagu lembut serta garis dahi. Lebar dan panjang wajah Anda hampir sama. Pilihlah kacamata persegi panjang dengan bingkai elegan, kacamata dengan pola yang mencolok dan hidup serta detail yang berani. Anda juga bisa memilih kacamata dengan bantalan hidung yang bisa disesuaikan yang tidak meneka kulit di pipi Anda.

Baca Juga: Tes CPNS Gunakan Fitur Pengenalan Wajah, Pelaksaan Tes Sempat Molor

Hindari kacamata bulan dan oval, kacamata dengan detail bingkai yang melengkung yang menonjolkan kebulatan wajah.

2. Wajah persegi panjang

Wajah persegi panjang ditandai dengan rahang yang kuat, panjang wajah Anda lebih besar dari lebarnya. Pilihlah kacamata oval dengan detail melengkung, bingkai lebih lebar. Hindari kacamata persegi panjang.

3. Wajah berbentuk hati

Wajah berbentuk hati ditandai dengan dahi yang lebar, tulang pipi yang tinggi dan tegas, serta dagu yang sempit dan runcing. Lebar wajah Anda sedikit lebih kecil dari panjangnya. Pilihlah kacamata yang lebar dari dahi Anda dengan elemen aksen di ujung bingkai, kacamata oval dan bulat, serta kacamata yang berwarna lebih terang dengan bingkai halus.

Baca Juga: 5 Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan Wajah, Menghidrasi sampai Cegah Penuaan

Hindari kacamata dengan bingkai lebar yang mungkin menonjolkan lebar pipi, kacamata yang dihias dengan berat, dan kacamata berwarna cerah.

4. Wajah persegi

Wajah persegi ditandai dengan rahang yang kuat dan dahi yang lebar. Lebar dan panjang wajah Anda hampir sama. Pilihlah kacamata oval dan bulat, kacamata dengan bingkai tipis, kacamata penerbang dan cat eyes, serta kacamata yang menempel tinggi di hidung Anda. Hindari kacamata berbingkai persegi dan kotak, serta kacamata yang sempit.

5. Wajah oval

Ilustrasi mata minus pakai kacamata (Pixabay)
Ilustrasi mata minus pakai kacamata (Pixabay)

Wajah oval ditandai dengan fitur wajah yang proporsional, dahi dan dagu yang sempit, serta tulang pipi yang tinggi. Panjang wajah Anda dua kali lebih besar dari lebarnya. Pilihlah semua jenis kacamata dengan bingkai yang lebarnya sama atau sedikit lebih lebar dari bagian terluas wajah Anda. Hindari kacamata yang terlalu kecil atau terlalu besar, kacamata dengan bingkai yang sangat tipis yang bisa membuat wajah Anda terlihat lebih panjang.

6. Wajah berlian

Wajah berlian ditandai dengan dahi dan rahang yang sempit serta tulang pipi yang tinggi dan tegas. Pilihlah kacamata berbentuk cat eye dan oval, kacamata dengan elemen edgy. Hindari kacamata dengan bingkai kotak dan lurus yang mungkin menonjolkan tulang pipi Anda, serta kacamata yang sempit. 

Penulis: Carissa Lim

Komentar