alexametrics

7 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, Bisa Mengobati Jerawat Meradang

Rima Sekarani Imamun Nissa
7 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, Bisa Mengobati Jerawat Meradang
Lidah buaya. (Shutterstock)

Apa saja manfaat lidah buaya untuk wajah? Berikut penjelasannya.

Suara.com - Lidah buaya memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan wajah. Bagi sebagian orang, kulit wajah bermasalah dapat mengurangi rasa percaya diri. Solusinya, bisa dengan melakukan perawatan alami menggunakan lidah buaya. Apa saja manfaat lidah buaya untuk wajah kita?

Ya, lidah buaya salah satu perawatan alami yang ampuh untuk menangani berbagai permasalahan kulit wajah, seperti jerawat, kerutan, kusam, berminyak dan masalah kulit lainnya. Cara pengaplikasiannya bisa digunakan sebagai masker wajah.

Lidah buaya sendiri mempunyai sejarah panjang sebagai bahan perawatan kulit. Bahkan, ratu Cleopatra dan Nefertiti juga menggunakan lidah buaya untuk perawatan kecantikan sehari-hari mereka.

Nah, simak berikut ini manfaat lidah buaya untuk wajah yang perlu kamu tahu dilansir dari Healthline, Kamis (23/9/2021).

Baca Juga: Sudah Pakai Makeup dengan SPF, Masih Perlukah Tabir Surya?

Lidah buaya. (Shutterstock)
Lidah buaya. (Shutterstock)

1. Meredakan kulit terbakar

Gel lidah buaya bermanfaat untuk meredakan kulit terbakar. Cara pengaplikasiannya, bisa dengan mengoleskan pada area terdampak setidaknya sehari tiga kali menggunakan kain kasa. Namun, jika ingin melindungi kulit dari papar sinar matahari, pastikan juga jangan pernah lupa pakai tabir surya.

2. Mengobati luka lecet

Gel lidah buaya juga bermanfaat dalam menyembuhkan luka lecet ringan di bagian dahi atau dagu. Cara pengaplikasiannya pun mudah, cukup oleskan gel lidah buaya pada area yang luka setidaknya seminggu tiga kali. Selain itu, lidah buaya juga berguna meminimalisir rasa nyeri serta sensasi terbakar.

3. Meredakan luka sayat

Baca Juga: 7 Manfaat Tomat untuk Wajah, Mengatasi Komedo hingga Melembapkan Kulit

Lidah buaya juga berguna untuk meredakan luka karena sayatan. Struktur molekular dalam lidah buaya membantu mengobati luka secara cepat, meningkatkan kolagen serta melawan bakteri. Cara pengaplikasiannya bisa dengan mengoleskannya sehari tiga kali.

Ilustrasi kulit kering. [Shutterstock]
Ilustrasi kulit kering. [Shutterstock]

4. Mengatasi kulit kering

Manfaat lidah buaya untuk wajah berikutnya adalah membantu mengatasi kulit kering. Gel lidah buaya mampu meresap cepat ke kulit. Itulah mengapa, gel lidah buaya baik untuk kulit berminyak. Meski demikian, gel lidah buaya juga bermanfaat dalam mengatasi kulit kering.

Cara menggunakannya pun mudah. Kamu bisa mengoleskannya ke wajah setelah mandi sebagai pengganti pelembap.

5. Meredakan gejala eksim

Lidah buaya bermanfaat melembapkan kulit kering maupun gatal karena eksim. Selain itu, gel lidah buaya berguna juga untuk meringankan dermatitis seboroik.

Walaupun jenis eksim berminyak sering dijumpai pada kulit kepala, kondisi ini juga bisa memengaruhi kulit wajah serta belakang telinga.

6. Meredakan gejala psoriasis

Lidah buaya diyakini juga bermanfaat meredakan peradangan maupun gatal-gatal karena psoriasis. Untuk mendapatkan hasil terbaik, kamu bisa mengaplikasikannya pada area terdampak setidaknya sehari dua kali.

7. Mengobati jerawat meradang

Gel lidah buaya memiliki kandungan anti-peradangan yang bermanfaat membantu meredakan jerawat meradang, seperti nodula dan pustula.

Untuk menggunakannya sangat mudah, cukup oleskan gel lidah buaya pada area terdampak menggunakan kapas setidaknya sehari tiga kali.

Efek Samping Lidah Buaya

Meskipun pengaplikasian lidah buaya secara tropikal terbilang aman, namun otoritas kesehatan tak memberi aturan khusus mengenai penggunaan produk gel lidah buaya.

Itu artinya, penggunaan lidah buaya sepenuhnya diserahkan ke konsumen agar tetap digunakan secara bijak dan aman. Jika mengalami efek samping, segera hubungi dokter agar bisa segara diatasi.

Nah, itulah informasi mengenai manfaat lidah buaya untuk wajah. Pastikan untuk menggunakannya secara wajar dan tidak berlebihan. Selamat mencoba dan semoga mendapatkan hasil kulit seperti yang diinginkan.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar