alexametrics

Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah, Mulai dari Mikrodermabrasi hingga Terapi Laser

Arendya Nariswari
Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah, Mulai dari Mikrodermabrasi hingga Terapi Laser
Ilustrasi wajah wanita dengan flek hitam [Shutterstock]

Penampilan terasa terganggu karena flek hitam, simak cara dan tahapan berikut ini.

Suara.com - Bagi sebagian orang, terutama perempuan, keberadaan flek hitam pada wajah tentunya sangat mengganggu penampilan. Sebenarnya ada berbagai cara untuk menghilangkannya. Nah, simak berikut ini cara menghilangkan flek hitam.

Bagi sejumlah perempuan, wajah adalah aset berharga yang perlu dilindungi. Itulah mengapa, jika terjadi masalah pada kulit wajah seperti flek hitam, rasanya seakan dunia akan runtuh. Ini mungkin terkesan berlebihan, tapi begitulah realitanya.

Diketahui, flek hitam disebabkan hiperpigmentasi atau kelebihan produksi melanin. Hiperpigmentasi sendiri disebabkan paparan sinar matahari, penuaan, perubahan hormonal, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk menghilangkan flek hitam karena hiperpigmentasi mungkin memerlukan banyak waktu, terlebih lagi jika flek hitam tersebut beberapa tingkat lebih gelap dari warna kulit. Setidaknya, perlu waktu 6 hingga 12 bulan untuk memudarkannya. 

Baca Juga: Tidak Punya Tangan, Pemuda Ini Tunjukkan Kemampuan Merias Wajah

Jika lokasi flek hitam berada jauh di dalam kulit, untuk memudarkannya mungkin memerlukan waktu bertahun-tahun. Meski demikian, jangan khawatir, flek hitam pada wajah tetap bisa dihilangkan dengan berbagai cara yang tepat.

Berikut Cara Menghilangkan Flek Hitam 

Bagi yang ingin wajahnya terbebas dari flek hitam, simak berikut ini cara menghilangkan flek hitam pada wajah yang dilansir dari medicalnewstoday.com, Senin (4/10/2021).

1. Perawatan Topikal

Untuk menghilangkan flek hitam bisa melakukan perawatan tropikal dengan sejumlah produk over-the-counter (OTC). Umumnya, berbagai produk tersebut mengandung bahan aktif berupa: hidrokuinon, asam kojic, retinoid, pengelupasan kimia, vitamin C, dan asam azelaic.

Baca Juga: Tak Benar Pakai Masker, Kesehatan Kulit Bisa Rusak Loh!

Jika ingin menggunakan sejumlah produk OTC untuk memudarkan flek hitam, pastikan untuk mengikuti petunjuk tentang cara menggunakannya pada label produk. Namun, akan lebih baik lagi jika konsultasi dengan ahli medis atau dokter kulit sebelum mencobanya, guna menghindari sejumlah risiko.


2. Perawatan Kecantikan

Jika perawatan topikal tak cukup membantu untuk mengurangi flek hitam karena hiperpigmentasi, kamu bisa mencoba perawatan kecantikan. Adapun sejumlah perawatan kecantikan untuk flek hitam yang potensial seperti berikut:

  • Terapi laser yang dilakukan oleh melibatkan dokter kulit profesional dengan menggunakan seberkas cahaya untuk menargetkan area perubahan warna. Pastikan untuk uji sample terlebih dahulu untuk menghindari risiko perubahan warna yang buruk.
  • Pengelupasan kimia dilakukan untuk pengelupasan asam OTC. Proses ini dilakukan untuk menghilangkan flek hitam yang berada jauh di dalam. Untuk pemulihannya memakan waktu cukup lama.
  • Mikrodermabrasi ini perawatan untuk menghilangkan flek hitam menggunakan partikel sangat kecil guna mengangkat sel kulit mati. Perawatan ini membuat kulit teriritasi atau bengkak sementara, setelah itu kembali pulih.

Nah, itulah cara menghilangkan flek hitam pada kulit wajah yang bisa kamu coba. Untuk menghindari berbagai risiko yang membahayakan kulit, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit mengenai perawatan seperti apa yang cocok untuk kulit wajahmu.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar