alexametrics

Keren! Produk Kerajinan Tangan Indonesia Mejeng di CraftIstanbul 2021

M. Reza Sulaiman
Keren! Produk Kerajinan Tangan Indonesia Mejeng di CraftIstanbul 2021
Produk Kerajinan Tangan Indonesia mejeng di CraftIstanbul 2021. (ANTARA/KJRI Istanbul)

Kerajinan tangan seperti ukiran, furnitur, dekorasi rumah, kain tradisional, ornamen, perhiasan, dan aksesori yang rumit dari Indonesia dipamerkan di CraftIstanbul 2021.

Suara.com - CraftIstanbul 2021 tidak hanya menghadirkan karya seni dan produk kerajinan tangan dari Turki saja.

Dalam penyelenggaran kali ini, acara ayang berlangsung di Yenikapi, Turki pada 6-10 Oktober 2021 ini juga memamerkan produk kerajinan tangan Indonesia.

Menurut keterangan tertulis Konsulat Jenderal RI di Istanbul, kerajinan tangan dan karya seni yang unik seperti ukiran, furnitur, dekorasi rumah, kain tradisional, ornamen, perhiasan, dan aksesori yang rumit, dipamerkan oleh Paviliun Indonesia.

Indonesia ditunjuk sebagai negara mitra (country partner) dalam pameran kerajinan terbesar di Turki itu.

Baca Juga: Selain Malioboro, Ini Lokasi Wisata Belanja Paling Hits di Yogyakarta

Ilustrasi kerajinan tangan. (Envato)
Ilustrasi kerajinan tangan. (Envato)

“Dengan tema Indonesian Craft: Local Craftmanship, Global Value, Paviliun Indonesia yang merupakan hasil kerja sama KJRI Istanbul dan MUSIAD Indonesia siap untuk memamerkan warisan kekayaan budaya bangsa yang dikerjakan oleh pengrajin lokal terbaik di Indonesia,” kata Konsul Jenderal RI Imam Asari.

Selain memamerkan produk, Paviliun Indonesia juga mendemonstrasikan bagaimana karya kerajinan dapat diterapkan ke desain dan dekorasi interior modern.

Kerajinan tangan dan benda seni yang disajikan mulai dari barang sehari-hari yang khas Indonesia hingga bentuk seni spesifik dan khas, tidak hanya diperuntukkan bagi pasar lokal tetapi juga untuk pasar global mengingat Turki sudah menjadi pusat bagi ekspor produk Indonesia ke negara-negara sekitarnya.

Produk-produk itu terbuat dari kayu alam, ijuk, bambu, rotan, ketak, batu, eceng gondok, dan banyak sumber alam lainnya.

Bahan tersebut digunakan untuk membuat banyak kerajinan rakyat berbentuk patung, tas, keranjang, aksesoris dan perhiasan indah, serta menjadi dekorasi rumah yang khas, barang-barang rumah tangga, furnitur, dan barang fesyen.

Baca Juga: Pria Bule Gunting Kertas Jadi Wajah Jokowi, Publik: Biar Dikasih Sepeda

Paviliun Indonesia di “CraftIstanbul 2021” didukung oleh peserta pameran utama yaitu Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), IAS Craft dari Jakarta, Pesisir Lombok Craft dan Entur Global yang berbasis di Istanbul, dan Ikatan Pengusaha Wanita Muslim Indonesia - Chapter Turkey (IPEMI Turki).

Komentar