alexametrics

Mengenal Tes Psikolog MBTI dan 16 Tipe Kepribadiannya, Kamu yang Mana?

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Mengenal Tes Psikolog MBTI dan 16 Tipe Kepribadiannya, Kamu yang Mana?
Tipe kepribadian. (Unsplash)

Tes MBTI ini diketahui dapat mengidentifikasi personalitas masing-masing individu, mulai dari kekuatan hingga preferensi seseorang.

Suara.com - Salah satu tes psikologi yang saat ini tengah populer untuk mengenali kepribadian adalah MBTI atau the Myers-Briggs Personality Test. Tes ini diketahui dapat mengidentifikasi personalitas masing-masing individu, mulai dari kekuatan hingga preferensi seseorang.

Mengutip Ruang Guru, Sabtu (9/10/2021), tes MBTI juga dapat digunakan untuk memahami bagaimana seseorang menilai sesuatu dan membuat keputusan.

Menurut The Myers Briggs Company, perusahaan di California yang menangani MBTI, hampir 1,5 juta orang mengikuti tes MBTI secara online setiap tahun.

Dikatakan bahwa kepribadian seseorang dibagi melalui empat dimensi sifat dasar manusia, yaitu dimensi pemusatan perhatian yang terdiri dari Extrovert (E) vs Introvert (I), dimensi memahami informasi dari luar yang terdiri dari Sensing (S) vs Intuition (N), dimensi menarik kesimpulan dan keputusan yang terdiri dari Thinking (T) vs Feeling (F), serta dimensi pola hidup yang terdiri dari Judging (J) vs Perceiving (P).

Baca Juga: Kenali Kepribadian dan Watak Orang Kelahiran Hari Legi Berdasarkan Weton Jawa

Dari keempat dimensi itu, akhirnya dihasilkan 16 kepribadian menurut tes MBTI. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Tipe ENFJ (Extraverted, Intuitive, Feeling, Judging)
Sosok ENFJ dikenal sebagai pengajar dan pemberi. Mereka melihat potensi pada orang lain dan ingin membantunya dalam mencapai yang terbaik. Sebagai pendengar yang baik, ENFJ senang menghargai pertimbangan pribadi dirinya dan orang lain.

ENFJ juga memiliki jaringan perkenalan yang luas dan dapat menjadi pemimpin yang baik. Salah satunya Barrack Obama, pemimpin Amerika Serikat yang ternyata berkepribadian ENFJ.

2. Tipe ENFP (Extraverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)
Tipe ENFP juga disebut sebagai juru kampanye. ENFP selalu melihat kehidupan sebagai sesuatu yang penuh dengan kemungkinan. Sosok ini juga cenderung menyukai hal-hal abstrak dan lebih mementingkan pertimbangan pribadi daripada logika.

Ini karena ENFP adalah jiwa bebas sejati. Ia senang membangun emosional dan sosial dengan orang lain. Hal ini membuat ENFP menjadi sosok yang populer dan friendly.

Baca Juga: Benarkah Gen Menentukan Segala Hal dalam Diri Kita Termasuk Kepribadian?

Sosok ENFP juga cenderung akan menghargai pendapat orang lain untuk mencapai kesepakatan bersama.

3. Tipe ENTJ (Extraverted, Intuitive, Thinking, Judging)
Tipe ENTJ dikenal sebagai sosok panglima dan pelaksana. Ia memiliki hubungan dan jaringan yang luas dengan siapapun. ENTJ juga dikenal sebagai orang yang suka berterus terang.

Penuh akan motivasi hidup, ENTJ selalu semangat ketika mencoba meraih tujuan. Tekad yang kuat dan ambisi yang tinggi membuat tipe ENTJ memiliki kepribadian alami untuk menjadi pemimpin.

Namun ambisi tinggi ini tidak melulu positif. Terkadang, tipe ENTJ keras kepala, tidak sabaran, dan tidak toleran.

4. Tipe ENTP (Extraverted, Intuitive, Thinking, Perceiving)
ENTP juga dikenal sebagai orang yang visioner dan penemu. ENTP juga merupakan sosok yang cepat, siaga, berbakat, dan telaten.

Ini karena gerak-geriknya yang cepat dan selalu siaga, ENTP disebut cocok dengan profesi pengacara, diplomat, programmer, atau bahkan peneliti dan ilmuwan. Menurut 16personalities.com, kepribadian ENTP adalah tipe pendebat.

Komentar