alexametrics

Cara Cepat Membersihkan Setrika dari Noda Membandel, Coba Pakai 4 Bahan Ini

Arendya Nariswari
Cara Cepat Membersihkan Setrika dari Noda Membandel, Coba Pakai 4 Bahan Ini
Ilustrasi setrika. (Shutterstock)

Sering kesulitan karena setrika banyak noda? Simak tips berikut ini.

Suara.com - Setrika berguna untuk menghilangkan kerutan dan lipatan pada pakaian. Oleh karena itu, penting untuk merawat dan membersihkan setrika agar tidak berdebu, berminyak, dan lengket. Nah, berikut simak cara cepat membersihkan setrika yang bisa Anda coba di rumah.

Setrika yang tidak dirawat dan dibersihkan dengan baik akan membuat kualitasnya menjadi jelek dan bahkan cepat rusak. Setrika berkualitas jelek akan sulit menghilangkan kerutan maupun lipatan pada pakaian.

Dengan rutin merawat dan membersihkan setrika, maka kualitas setrika juga akan terjaga dengan baik sehingga akan lebih mudah menghilangkan kerutan dan lipatan pada pakaian.

Nah, agar setrika terhindar dari debu, minyak, dan lengket yang berpotensi membuat kualitasnya menjadi jelek, simak berikut ini tips membersihkan setrika dilansir dari laman handy.com, Kamis (14/10/2021).
 
1. Menggunakan soda kue dan air

Baca Juga: 6 Cara Membersihkan Casing HP, Jadi Kinclong Kayak Baru Lagi

Untuk membersihkan setrika, bisa menggunakan campuran soda kue dan air. Cara ini dianggap bagus untuk melarutkan kotoran yang menempel pada setrika. Larutkan soda kue dan air, bentuk seperti pasta. Kemudian oleskan pada bagian setrika yang ingin dibersihkan, gosok pakai sikat, lalu bilas. 

2. Menggunakan Koran

Tips berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan setrika yaitu dengan menggunakan koran. Caranya, panaskan setrika pada suhu tertinggi, lalu kenakan sarung tangan oven untuk melindungi tangan dari panas. Setelah itu, remas koran dan gunakan untuk menggosok tapak setrika. 

3. Menggunakan penghapus cat kuku

Tips berikutnya yang bisa digunakan untuk membersihkan setrika yaitu dengan menggunakan penghapus cat kuku aseton. Cara ini dianggap ampuh untuk melarutkan dan menghapus kotoran yang menempel pada setrika. 

Baca Juga: Persiapan Misi ke Mars, Enam Astronot Jalani Pelatihan di Gurun Israel

Caranya, nyalakan setrika dan biarkan memanas. Lalu, rendam bola kapas dalam penghapus cat kuku aseton. Setelah itu  oleskan pada permukaan setrika yang panas menggunakan sarung tangan oven, cepat-cepat oleskan bola kapas yang basah ke permukaan yang panas. Jika sudah, bilas dengan air dan kain.

4. Menggunakan Cuka

Cuka berguna untuk memberishkan kotoran atau residu yang tertinggal pada setrika. Caranya, basahi handuk dengan cuka putih suling. Lalu, bersihkan kotoran pada tapak setrika dengan menutup bagian yang kotir dengan handuk tersebut. Diamkan selama 15-30 menit, lalu keringkan.

Nah, itulah cara cepat membersihkan setrika dari kotoran agar kulitas setrika tetap terjaga dengan baik. Selamat mencoba!

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar