alexametrics

9 Manfaat Daun Binahong yang Tak Terduga, Obat Asam Urat hingga Cegah Diabetes

Rima Sekarani Imamun Nissa
9 Manfaat Daun Binahong yang Tak Terduga, Obat Asam Urat hingga Cegah Diabetes
Ilustrasi daun binahong. (Pexels/Richa Sharma)

Berikut beberapa manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Suara.com - Siapa yang belum mengetahui daun binahong, tanaman herbal yang banyak ditemukan di Indonesia? Ternyata, manfaat daun binahong sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh berkat kandungannya yang luar biasa.

Penasaran apa saja manfaat daun binahong? Simak ulasan selengkapnya yang telah Suara.com rangkum dari berbagai sumber dan jurnal kesehatan.

Manfaat Daun Binahong

Binahong (Anredera Cordifolia) merupakan jenis tanaman herbal yang mudah ditemukan di Indonesia. Manfaat daun binahong dikenal untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti diabetes melitus dan muntah darah.

Baca Juga: 5 Cara Memutihkan Gigi Pakai Bahan Alami: Baking Soda Hingga Lemon

Infografis tanaman hias. (Suara.com/Rochmat)
Infografis tanaman hias. (Suara.com/Rochmat)

Efek antioksidan dan aktivitas antiinflamasi dalam daun binahong berasal dari senyawa aktif yang terkandung di dalamnya. Daun binahong mengandung senyawa metabolisme sekunder tingkat tinggi termasuk saponin, flavonoid, dan fenol, yang memiliki efek antibakteri dan antioksidan.

Tanaman menjalar, berbatang lunak, berdaun tunggal, dan berakar majemuk ini dikenal akan manfaatnya untuk menjaga kesehatan serta mengatasi penyakit ringan hingga berat. Berikut uraiannya.

1. Melancarkan peredaran darah

Manfaat daun binahong untuk kesehatan salah satunya adalah melancarkan peredaran darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Mengobati luka bakar

Baca Juga: Berkebun, yuk! 9 Jenis Tanaman Sayur yang Bisa Ditanam di Rumah

Salep yang mengandung 5% ekstrak daun binahong efektif menyembuhkan luka bakar.

3. Mengobati maag dan masalah pencernaan.

Daun binahong bisa menjadi solusi untuk masalah pertanyaan, misal mengatasi maag karena membuat perut tenang dan mengontrol kadar asam lambung.

4. Mencegah penyakit jantung

Kandungan saponin dalam daun binahong bisa menurunkan kolesterol jahat dalam jantung. Caranya, seduh daun binahong seperti membuat teh, lalu konsumsi dua kali sehari.

Kesehatan jantung. (Shutterstock)
Kesehatan jantung. (Shutterstock)

5. Mencegah kanker

Kanker terjadi ketika ada pertumbuhan sel yang tidak terkontrol. Daun binahong tinggi akan antioksidan, pigmen, karoten esensial seperti beta karoten. Bahan aktif ini terbukti efektif mencegah sel kanker dan konsumsi 3 kali sehari dengan cara diseduh.

6. Baik untuk stamina

Herbal ini juga bisa membantu memulihkan stamina tubuh yang kelelahan. Rebus daun binahong dan konsumsi secara rutin. Pastikan tidak ada reaksi tubuh saat mengonsumsi rebusan daun binahong.

7. Mencegah diabetes

Untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh, selain mengatur pola makan yang baik, konsumsi daun binahong. Manfaat daun binahong ini berasal dari senyawa alkaloid yang memiliki sifat hipoglikemik untuk menurunkan kadar gula darah dan menstabilkannya.

8. Mengobati asam urat

Mengonsumsi air rebusan daun binahong dapat menurunkan kadar urin dalam tubuh. Urin adalah senyawa tubuh yang diproduksi setelah mengonsumsi makanan pemicu asam urat. Maka, hindari konsumsi jeroan, daging merah, dan kacang-kacangan secara berlebihan. Seimbangkan dengan minum rebusan daun binahong.

9. Mengatasi anemia

Daun binahong mengandung zat besi yang dibutuhkan sel darah merah untuk mencegah kekurangan darah.

Itulah beberapa manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh yang mungkin jarang diketahui. Pastikan bertanya kepada dokter masing-masing saat ingin melakukan pengobatan alternatif dengan mengonsumsi daun binahong ini.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar