alexametrics

10 Manfaat Kopi Tanpa Gula bagi Kesehatan Tubuh, Termasuk Menurunkan Risiko Diabetes

Rima Sekarani Imamun Nissa
10 Manfaat Kopi Tanpa Gula bagi Kesehatan Tubuh, Termasuk Menurunkan Risiko Diabetes
Ilustrasi Secangkir Kopi Hitam. (Pixabay/cocoparisienne)

Berikut beberapa manfaat kopi tanpa gula yang mungkin masih jarang diketahui.

Suara.com - Apakah kamu termasuk orang yang suka menikmati minuman kopi dengan menambahkan banyak gula? Setelah mengetahui manfaat kopi tanpa gula, akankah kebiasaan itu berubah?

Belakangan ini tren minum kopi sedang ramai-ramainya diperbincangkan di Indonesia. Kemunculan ratusan kedai kopi di Indonesia menjadikan kopi sebagai salah satu komoditas paling cuan saat ini.

Namun, tahukah anda bahwa sebenarnya kopi memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh? Hanya saja, dengan catatan kopi yang dikonsumsi tidak ditambahkan gula alias cukup kopi hitam.

Berikut adalah ulasan tentang 10 manfaat kopi tanpa gula bagi kesehatan. Mari simak!

Baca Juga: 6 Makanan Diet yang Patut Dicoba, Rendah Kalori dan Kaya Manfaat

Ilustrasi Kopi Hitam. (Unsplash/@muustudio)
Ilustrasi Kopi Hitam. (Unsplash/@muustudio)

Kandungan Nutrisi Kopi Hitam

Melansir WebMD, satu porsi kopi hitam tanpa gula (+- 230ml) terdapat beberapa kandungan nutrisi, yakni sebagai berikut:

  • 2 kalori
  • 0 gram lemak
  • 0 gramkarbohidrat
  • 0 gram serat
  • 5 miligram natrium
  • Vitamin B2
  • Kafein
  • Magnesium

Manfaat Kopi Tanpa Gula

Mengutip pada House of Arabica, terdapat 10 manfaat kopi tanpa gula yang perlu kamu ketahui:

Mengandung antioksidan

Baca Juga: 4 Manfaat Saffron, Kaya Antioksidan hingga Bantu Mencegah Depresi

Kopi hitam dipercaya sebagai salah satu sumber antioksidan terbesar, di antaranya quinines, hydrocinnamic acid dan polyphenols yang berfungsi sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas.

Meningkatkan fokus

Untuk dapat meningkatkan tingkat fokus, otak membutuhkan neurotransmitters. Siklus tersebut terjadi akibat janting terstimulasi jantung dan metabolisme karena kafein yang terkandung di dalam kopi.

Mengandung vitamin dan mineral

B2, B3 dan B5, mangan, potassium dan magnesium adalah beberapa jenis vitamin dan mineral yang terdapat pada kopi hitam. Seluruh kandungan di atas merupakan kebutuhan wajib bagi organ tubuh kita.

Menurunkan berat badan

Bagi kamu yang berniat untuk menurunkan berat badan, kopi dapat menjadi salah satu minuman yang tepat untuk dikonsumsi. Kamu dapat mengonsumsi kopi setelah maupun sebelum berolahraga. Faktanya, kopi dapat membantu mempercepat proses pembakaran lemak yang terjadi di dalam tubuh.

Meminimalisir risiko penyakit jantung

Penumpukan lemak dan kolesterol menjadi penyebab utama terjadinya arteri tersumbat. Selain itu, kopi hitam juga dapat meminimalisir terjadinya peradangan penyebab kardiovaskular.

Meminimalisir resiko diabetes

Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard menjelaskan bahwa orang yang rutin mengonsumsi kopi hitam lebih dari 1 cangkir setiap harinya memiliki peluang diabetes sebesar 11% lebih rendah.

Mencegah kanker

Perlu diketahui bahwa salah satu kandungan yang terdapat pada kopi hitam dapat melindungi tubuh anda dari sel-sel kanker.

Membersihkan perut

Manfaat kopi tanda gula berikutnya adalah detoks dari bakteri dan racun yang terdapat di dalam perut. Kopi dapat membantu perut bersih dari bakteri dan parasite yang mungkin menimbulkan masalah kesehatan.

Meningkatkan daya ingat

Berbahagialah para pecinta kopi. Sebab, kandungan kopi hitam tanpa gula yang kamu konsumsi akan membantumu dalam meningkatkan daya ingat yang kamu miliki.

Meningkatkan fungsi otak

Kafein yang ada pada kopi hitam tanpa gula dapat meningkatkan fungsi otak, termasuk kreativitas dan tingkat fokus.

Demikian adalah ulasan tentang 10 manfaat kopi tanpa gula bagi kesehatan. Semoga dapat memberikan wawasan pengetahuan umum yang bermanfaat.

Kontributor : Dhea Alif Fatikha

Komentar