alexametrics

5 Penyebab Perut Buncit, Ternyata Ada Kebiasaan Kecil yang Sering Diabaikan

Rima Sekarani Imamun Nissa
5 Penyebab Perut Buncit, Ternyata Ada Kebiasaan Kecil yang Sering Diabaikan
Ilustrasi perut buncit. (Shutterstock)

Apa saja faktor yang bisa jadi penyebab perut buncit?

Suara.com - Perut buncit tentu menjadi salah satu hal yang dihindari bagi sebagian besar dari kita. Pertanyaannya, apa saja penyebab perut buncit?

Selain membuat tidak nyaman karena tumpukan lemak pada area perut, kondisi ini seringkali membuat rasa percaya diri berkurang.

Sayangnya, sebagian dari kita juga tidak menyadari bahwa perut buncit ini bisa diakibatkan oleh kebiasaan buruk yang seringkali disepelekan. Nah, sebelumnya melakukan berbagai cara mengecilkan perut buncit, ada baiknya ketahui dulu penyebabnya.

Lantas, sebenarnya apa saja, sih, penyebab perut buncit ini? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Studi: Kurang Tidur Picu Menstruasi Lebih Sakit dan Tak Teratur

Ilustrasi wanita diet. (Pexels/Mikhail Nilov)
Ilustrasi wanita diet. (Pexels/Mikhail Nilov)

Penyebab Perut Buncit

Bakteri Firmicutes

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa bakteri firmicutes dapat meningkatkan jumlah kalori yang terserap ke dalam tubuh.

Dengan meningkatnya jumlah kalori yang terserap dari makanan, produksi lemak juga akan terus meningkat sehingga perut menjadi buncit.

Kurang istirahat

Baca Juga: Tidak Hanya Berdampak pada Kesehatan, Kurang Tidur Juga Memengaruhi Cara Anda Berjalan

Beberapa dari kita seringkali mengabaikan pentingnya istirahat, salah satunya tidur cukup. Padahal, kebiasaan butuk ini bisa membuat perut menjadi buncit.

Seseorang yang kurang tidur memiliki kemungkinan kenaikan berat badan lebih besar, salah satunya dipicu makan makanan tidak sehat. Dengan begitu, tidak heran jika kurang tidur menyebabkan perut membuncit.

Menopause

Menopause merupakan sebuah fase alami yang dialami seorang wanita yang ditandai dengan berakhirnya menstruasi.

Kondisi ini biasa dialami wanita pada usia 45 sampai 55 tahun. Seorang wanita dikatakan menopause jika tidak menstruasi selama minimal 12 bulan.

Selain ditandai dengan berhentinya menstruasi, menopause juga ditandai dengan peningkatan lemak di perut karena kadar estrogen yang turun derastis. Hal ini membuat lemak pada area pinggul dan paha beralih ke perut.

Stres

Hormon kortisol yang dilepaskan saat seseorang merasa stres, dapat memicu seseorang mengalami kenaikan berat badan.

Kondisi ini juga mengakibatkan penumpukan lemak di bagian perut sehingga membuat perut terlihat buncit. Oleh karena itu, penting adanya untuk mengetahui tingkat stres dalam diri kita masing-masing.

Minuman beralkohol

Terlalu banyak minum minuman beralkohol dapat memicu terjadinya kondisi obesitas sentral atau perut buncit.

Saat mengonsumsi minuman beralkohol, aktivitas neuron di otak akan meningkat dan berdampak pada peningkatan rasa lapar. Dengan begini, kita akan merasa membutuhkan lebih banyak asupan glukosa yang dapat menumpuk lemak di perut.

Itulah tadi beberapa hal yang bisa jadi penyebab perut buncit. Sebisa mungkin dihindari, yuk!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar