facebook

5 Manfaat Buah Pepaya yang Jarang Diketahui, Tak Hanya Melancarkan Pencernaan

Rima Sekarani Imamun Nissa
5 Manfaat Buah Pepaya yang Jarang Diketahui, Tak Hanya Melancarkan Pencernaan
Ilustrasi buah pepaya yang diimpor dari Meksiko (Pixabay/3centista)

Apa saja manfaat buah pepaya yang selama ini terkenal bagus untuk melancarkan sistem pencernaan?

Suara.com - Pepaya dikenal sebagai salah satu buah yang kaya manfaat untuk kesehatan, terutama melancarkan saluran pencernaan. Namun, apakah manfaat buah pepaya hanya berkaitan dengan pencernaan?

Buah yang identik dengan warna oranye ini rupanya masih memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh, mulai dari merawat kesehatan kulit, sampai jantung.

Untuk mengetahui lebih lanjut beragam manfaat buah pepaya, berikut penjelasannya, seperti dilansir dari Healthline dan Medical News Today.

Ilustrasi pepaya (Unsplash/Happy Patel)
Ilustrasi pepaya (Unsplash/Happy Patel)

Mencegah kerusakan pada kulit

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Markisa, Salah Satunya Bisa Mengurangi Kecemasan Berlebih

Kandungan vitamin C serta likopen pada buah pepaya dipercaya mampu melindungi kulit, salah satunya mencegah penuaan diri serta memudarkan bintik hitam.

Likopen juga dikenal mampu meredakan risiko kulit kemerahan akibat paparan sinar matahari berlebih.
Tidak hanya itu, papain dan enzim proteolit chymopapain juga baik untuk mencegah iritasi pada kulit yang terkena luka bakar.

Mengurangi risiko kanker

Sifat antioksidan pada pepaya terbukti dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh yang bisa memicu beragam penyakit, salah satunya kanker.

Salah satu jurnal hasil penelitian Cancer Epidemiology and Prevention Biomarkers juga menyebutkan bahwa kandungan beta-karoten pada pepaya dapat menurunkan risiko kanker prostat pada laki-laki.

Baca Juga: 6 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Mampu Meredakan Nyeri Haid hingga Hipertensi

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah pepaya lainnya berkaitan dengan kesehatan jantung. Pada sebuah penelitian, telah terbukti bahwa kandungan likopen serta vitamin C pada buah-buahan terbukti cukup ampuh menjaga kesehatan jantung dan mencegah beragam penyakit.

Selain itu, pepaya juga mengandung zat antioksidan yang meningkatkan perlindungan pada jantung serta meningkatkan peran kolesterol baik.

Menjaga kesehatan rambut

Tidak hanya baik bagi kesehatan organ dalam, buah pepaya juga bermanfaat untuk meningkatkan penampilan dengan mempercantik tampilan rambut.

Kandungan vitamin A pada buah pepaya dipercaya mampu meningkatkan produksi sebum yang berguna untuk membuat rambut lembab.

Mencegah penurunan fungsi penglihatan

Penurunan fungsi penglihatan atau degenerasi macula kerap dialami oleh mereka yang tengah memasuki usia lanjut.

Untuk menangkal hal tersebut, kamu dapat membiasakan diri untuk mengkonsumsi buah pepaya yang mengandung zeaxanthin. Salah satu antioksidan ini dipercaya mampu menyaring masuknya sinar cahaya biru yang berbahaya untuk penglihatan.

Di samping rasanya yang manis dan menyegarkan, rupanya pepaya juga mengandung bermacam zat yang baik bagi tubuh, seperti antioksidan dan vitamin.

Namun perlu diingat, akan lebih baik untuk mengonsumsi pepaya tanpa campuran apapun seperti kental manis dan gula. Dengan begitu, manfaat buah pepaya akan terasa lebih maksimal.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar