alexametrics

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil di Usia Kehamilan Muda

Rifan Aditya
5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil di Usia Kehamilan Muda
5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil di Usia Kehamilan Muda - Ilustrasi ibu hamil (Freepik)

Berikut ini makanan sehat untuk ibu hamil di usia kehamilan muda.

Suara.com - Kehamilan di usia muda memang memerlukan perhatian ekstra. Salah satu bentuk perhatian ini dapat dilakukan dengan memilih makanan sehat untuk ibu hamil di usia kehamilannya yang masih muda.

Selain baik untuk perkembangan janin di dalam rahim, makanan kaya nutrisi ini juga baik untuk menjaga kesehatan ibu selama kehamilan. Jadi, jangan sampai terlewat untuk mengkonsumsi beberapa pilihan makanan sehat untuk ibu hamil berikut.

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil di Usia Kehamilan Muda

1. Susu dan olahannya

Baca Juga: 5 Makanan untuk Ibu Hamil di Trimester Pertama

Susu dan produk olahannya seperti keju dan yoghurt sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil dalam upaya memenuhi kebutuhan nutrisi janin dalam rahim. Susu dan olahannya adalah makanan ibu hamil yang baik dan sehat. 

Kandungan kalsium, protein, lemak sehat, vitamin D, dan tentunya asam folat memang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan janin. Usia hamil muda memang menjadi waktu yang sangat penting untuk dijaga, karena di sinilah perkembangan janin bermula.

2. Tinggi asam folat

Pembentukan sel otak janin dapat dipicu dengan mengkonsumsi makanan tinggi asam folat.

Seorang ahli menjelaskan pada Journal of American Medical Association bahwa dengan mengkonsumsi asam folat empat minggu sebelum masa kehamilan ditambah delapan minggu setelah kehamilan dapat menurunkan risiko autis pada bayi hingga 40 persen.

Baca Juga: Bukan Rujak Mangga Muda, Ini Rekomendasi 5 Makanan untuk Ibu Hamil Muda

Bagi ibu hamil sendiri, asam folat dapat mencegah anemia hingga risiko keguguran. Beberapa makanan yang memiliki kandungan tinggi asam folat adalah brokoli, bayam, alpukat, hati sapi, dan kacang-kacangan.

Komentar