facebook

6 Cara Menghilangkan Debu di Rumah Berdasarkan Tempat Menempelnya, Lebih Baik Lakukan secara Berkala

Rima Sekarani Imamun Nissa
6 Cara Menghilangkan Debu di Rumah Berdasarkan Tempat Menempelnya, Lebih Baik Lakukan secara Berkala
Ilustrasi membersihkan rumah (Pexels/cottonbro)

Meski sudah berkali-kali dibersihkan, sepertinya debu masih saja terus berkeliaran di rumah. Sebenarnya, tepatkah cara menghilangkan debu di rumah yang selama ini diterapkan?

Suara.com - Debu menjadi salah satu hal yang cukup mengganggu di rumah. Pasalnya, partikel kecil ini dapat ditemukan di hampir seluruh perabotan dan setiap sudut di dalam rumah. Lalu, bagaimana cara menghilangkan debu di rumah yang efektif?

Selain tidak membuat nyaman, debu juga dapat mengganggu masalah kesehatan, khususnya pernapasan. Oleh karena itu, penting adanya untuk membersihkan debu di rumah secara berkala dengan cara yang tepat.

Dilansir dari laman Good House Keeping, berikut 6 cara membersihkan debu berdasarkan tempat menempelnya.

ilustrasi membersihkan rumah (Pexels/RODNAEProductions)
ilustrasi membersihkan rumah (Pexels/RODNAEProductions)

Cara Menghilangkan Debu di Rumah

Baca Juga: 5 Potret Rumah Shanaya Kapoor, Super Elegan Ada Bar Keluarga

Dinding

Cara paling mudah untuk membersihkan debu dari dinding rumah, khususnya pada bagian langit-langit, adalah menggunakan bantuan alat penyedot debu dengan sambungan yang cukup. Dengan begini, tembok akan bersih dari debu tanpa mengotori lantai di bawahnya.

Papan datar

Untuk membersihkan debu dari papan datar, cukup gunakan kain yang sudah disemprot dengan sedikit larutan pembersih. Lap papan secara merata dan pastikan untuk menggosok lebih ekstra pada area dengan debu-debu menempel.

Rak

Baca Juga: Panas! Curhat Perkara Rumah Warisan Bikin Runyam, Warganet sampai Emosi

Debu di dalam rak menjadi salah satu yang sulit dibersihkan karena adanya sudut-sudut kecil dan ukiran yang rumit. Untuk mempermudah, gunakan semacam kuas rias atau kain berbahan dasar microfiber.

Alat elektronik

Komputer, TV, pemutar DVD menjadi beberapa benda elektronik yang sangat mudah untuk dipenuhi debu. Cara paling tepat untuk membersihkannya adalah dengan kain mikrofiber dan sikat lembut bergagang panjang yang dapat menjangkau celah-celah kecil. Sebelum membersihkan, pastikan telah mencabut peralatan elektronik dari arus listrik.

INFOGRAFIS: Tips Membersihkan Rumah Usai Digunakan Isolasi Mandiri
INFOGRAFIS: Tips Membersihkan Rumah Usai Digunakan Isolasi Mandiri

Mainan lunak

Beanbag, boneka beruang atau boneka berbahan kain juga menjadi tempat debu biasa bersarang di rumah. Untuk membersihkannya, gunakan secangkir soda kue dan masukkan mereka ke dalam kantong plastik besar.

Setelah memastikan terikat dengan baik, kocok di luar ruangan dan kemudian akan terlihat soda menarik debu-debu dar barang tersebut. Setelah itu, keluarkan boneka satu persatu, kibas gumpalan soda kue, dan bersihkan sisanya dengan sikat.

Kipas langit-langit

Langkah pertama untuk membersihkan debu dari kipas langit-langit adalah dengan menempatkan koran atau kain lap tepat di bawahnya. Setelah itu, matikan sumber listrik dan naik ke bangku kemudian lap debu di kipas dengan tisu basah.

Untuk menyeka debu berminyak pada tutup kipas, gunakan sikat berbulu lembut yang sudah dibasahi cairan pembersih.

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan debu di rumah yang efektif. Semoga bermanfaat dan bisa membantu!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar