facebook

Kenapa Kucing Memperlihatkan Bokong ke Wajah Anda? Bukannya Tak Sopan, Ternyata Artinya Malah Seperti Ini

Rima Sekarani Imamun Nissa
Kenapa Kucing Memperlihatkan Bokong ke Wajah Anda? Bukannya Tak Sopan, Ternyata Artinya Malah Seperti Ini
Ilustrasi kucing peliharaan (pexels.com/Yuliyakota)

Selain menggemaskan, kucing juga dikenal dengan perilaku uniknya. Nah, Pernahkah Anda bertanya-tanya, kenapa kucing memperlihatkan bokong mereka?

Suara.com - Beberapa kucing seringkali memamerkan pantatnya ke arah yang tidak seharusnya, misal wajah pemiliknya. Nah, kira-kira kenapa kucing memperlihatkan bokong mereka dengan cara seperti itu?

Tingkah dan perilaku kucing memang bikin gemas sekaligus penasaran. Sebagai pemilik, tentu saja sebaiknya Anda mengetahui apa maksud dari perilaku aneh tersebut agar tahu cara menghadapinya.

Dilansir dari laman daily paws, berikut merupakan alasan kucing mengarahkan pantat ke wajah Anda.

Kenapa Kucing Memperlihatkan Bokong Mereka?

Baca Juga: 8 Benda yang Berbahaya untuk Kucing, Singkirkan Agar Anabul Kesayangan Tetap Aman

Ilustrasi kucing yang membutuhkan litter box (Envato Elements)
Ilustrasi kucing yang membutuhkan litter box (Envato Elements)

Berperilaku sopan

Pernahkan Anda melihat kucing menunjukkan pantatnya ke kucing lain? Johnson Bennett, seorang konsultan perilaku kucing bersertifikat menyebutkan bahwa komunikasi antar kucing akan terlihat lebih sopan jika mereka saling mengendus pantat lawan bicaranya.

Kelenjar aroma dan feromon memang ditemukan pada bagian belakang pantat kucing. Dengan mengendus pantat kucing lain, mereka dapat lebih mengetahui detail tentang asal keberadaan satu sama lain.

Meminta kasih sayang

Untuk beberapa kucing, menunjukkan pantat ke wajah pemiliknya berarti ingin dibelai. Sembari mencakar halus dengan kuku-kuku kecilnya, kucing biasanya juga bakal mengarahkan pantat mereka ke wajah Anda. Dengan begitu, pandangan Anda langsung tertuju pada sang hewan peliharaan.

Baca Juga: 5 Kepribadian Perempuan Pecinta Kucing, Bagaimana dengan Kamu?

Tanda kepercayaan

Di alam liar, kucing selalu merasa waspada dan mengawasi wilayah mereka untuk mencari mangsa atau menghindari predator. Maka, ketika menemukan tempat yang membuat mereka nyaman dan aman, kucing akan dengan leluasa menunjukkan pantatnya sambil menutup mata.

Dengan menempatkan pantat ke wajah Anda, artinya kucing telah mempercayai Anda selama merawatnya. Namun, jika kucing peliharaan tidak pernah menunjukkan pantatnya, bukan berarti mereka tidak mempercayai Anda. Bahkan, beberapa kucing yang berada dalam satu rumah mungkin memiliki cara sendiri-sendiri menunjukkan kepercayaannya.

Haruskah Mengkhawatirkan Kucing yang Mengarahkan Pantat ke Wajah Pemiliknya?

Seperti apa yang telah dijelaskan di atas, saat kucing mengarahkan pantat ke wajah pemiliknya, ini merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi. Oleh karena itu, perilaku ini tidak perlu Anda khawatirkan.

Namun, jika Anda tidak suka perilaku ini, jangan pernah mencoba menghukum kucing atau mendorongnya secara langsung, Cukup ubah posisinya secara lembut sambil memberikan usapan kasih sayang di tubuhnya.

Demikian informasi mengenai kenapa kucing memperlihatkan bokong mereka. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika anabul kesayangan Anda suka melakukannya.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar