facebook

Cara Membersihkan Air Cooler, Berikut 5 Langkah Cepatnya dan Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Rima Sekarani Imamun Nissa
Cara Membersihkan Air Cooler, Berikut 5 Langkah Cepatnya dan Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah
Ilustrasi air cooler (Envato Elements)

Bayangkan air coolerAnda mati tiba-tiba di tengah hari siang bolong yang panas hanya gara-gara jarang dibersihkan. Bagaimana cara membersihkan air cooler yang efektif?

Suara.com - Air cooler atau pendingin udara merupakan salah satu alat elektronik yang sangat dibutuhkan, khususnya saat memasuki musim panas. Nah, apakah Anda tahu dan memahami cara membersihkan air cooler ini?

Saat akan digunakan, air cooler tidak jarang justru mati mendadak atau hembusan udaranya tidak lagi terasa menyegarkan. Hal ini salah satunya akibat air cooler yang tidak pernah dibersihkan. Padahal, idealnya air cooler harus dibersihkan setidaknya satu bulan sekali atau disesuaikan dengan penggunaannya sehari-hari.

Tidak perlu repot-repot membawanya ke tukang servis, Anda dapat membersihkan air cooler sendiri dirumah.

Dilansir dari laman her zindagi, berikut 5 langkah cepat bersihkan air cooler di rumah!

Baca Juga: Berikut 7 Tips Mencegah Kulit Kering di Ruangan AC, Biar Teksturnya Tetap Halus dan Lembut

Cuaca panas bisa merusak kulit wajah bila tak dilindungi dengan tabir surya. (Shutterstock)
Cuaca panas. (Shutterstock)

Cara Membersihkan Air Cooler

Langkah pertama: Lepaskan panel/cooling pads

Langkah pertama adalah melepaskan cooling pad atau bantalan pendingin udaranya. Namun sebelum itu, pastikan bahwa air cooler sudah dimatikan.

Cooling pads yang berdebu bisa menjadi salah satu alasan mengapa air cooler tidak berfungsi dengan baik. Air cooler yang tidak berfungsi dengan baik juga dapat menyebabkan kenaikan tagihan listrik.

Langkah kedua: Bersihkan cooling pads

Baca Juga: Targetkan Posisi Juara pada 2022, LG Hadirkan AC New Hercules

Setelah melepas cooling pads dari air cooler, bersihkan debu dan kotoran yang menempel di permukaan. Gunakan air mengalir saat pembersihan dan pastikan setiap sudut cooling pad terbebas dari kotoran yang menyumbat. Gunakan sabun cuci piring dan spons untuk memudahkan prosesnya.

Langkah ketiga: Kuras air tangki

Selain cooling pads, bersihkan pula tangki air. Setelah airnya dalam tangki dibuang, cuci dengan air hangat dan sabun. Bersihkan dinding bagian dalam air cooler dengan benar dan bilas dengan air bersih.

Langkah keempat: Bersihkan bagian dalam dan luar dengan kain basah

Selanjutnya adalah tahap membersihkan bagian dalam dan luar cukup dengan kain basah. Kotoran dan debu yang menempel di luar juga dapat memengaruhi kualitas air cooler. Pastikan untuk membersihkan setiap sudut dengan benar.

Langkah kelima: Pasang kembali bagian yang telah dibersihkan

Setelah cooling pads dan bagian dalam air cooler kering, pasangn kembali semuanya seperti semula. Setelah itu, Anda dapat mencoba untuk menyalakannya kembali dan rasakan perbedaannya.

Demikian informasi mengenai cara membersihkan air cooler. Jangan lupa untuk membersihkannya satu kali dalam sebulan jika tidak ingin air cooler lebih cepat rusak nantinya!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar