facebook

Tips Membuat Kebun Sayur di Rumah, Ini Berbagai Hal Penting yang Perlu Diperhatikan

Rima Sekarani Imamun Nissa
Tips Membuat Kebun Sayur di Rumah, Ini Berbagai Hal Penting yang Perlu Diperhatikan
Ilustrasi berkebun di rumah (Pixabay/katya_ershova)

Ingin memasak sayur dari hasil kebun sendiri? Yuk, simak tips membuat kebun sayur di rumah berikut!

Suara.com - Sedang butuh tips membuat kebun sayur di rumah? Membuat kebun sayur di rumah merupakan salah satu ide yang menarik. Selain dapat memanen sayuran sendiri, dengan memiliki kebun sayur, rumah akan terlihat lebih segar dan asri.

Berkebun di rumah juga tidak membutuhkan lahan yang luas dan biaya yang besar. Melansir Good House Keeping, berikut tips membuat kebun sayur di rumah yang patut dicoba.

Tips membuat kebun sayur di rumah

Ilustrasi menanam selada (Pixabay/sippakorn)
Ilustrasi menanam selada (Pixabay/sippakorn)

Seorang pakar hortikultura, Guy Barter menyebutkan bahwa untuk membuat kebun sayur di rumah, Anda hanya membutuhkan sekop sebagai alat utama. Namun jika memungkinkan, gunakan pula cangkul, kaleng penyiraman, dan gerobak dorong.

Baca Juga: Sering Dijadikan Bahan Tumis, Ini 6 Manfaat Genjer bagi Kesehatan

Anda bahkan dapat menggunakan wadah bekas apa pun untuk mulai menanam sayur. Hanya saja, jangan gunakan wadah bekas minyak, cat, pengawet kayu, atau bahan industri lainnya.

Sementara itu, seorang pakar kebun organik, Emma O’Neill merekomendasikan selada, lobak, dan berbagai sayuran hijau yang bisa hidup di dalam ruangan atau penyinaran rendah untuk dijadikan pilihan berkebun di rumah.

Jenis sayuran tersebut dapat tumbuh dengan cepat dengan sedikit air dan cahaya. Namun, jika Anda memiliki lahan di sekitar rumah, coba tanam kentang dan mulai tanam pada pertengahan bulan April.

Soal media tanam, pastikan untuk menyiapkan tanah bebas gulma yang telah dibersihkan secara berkala, kemudian lakukan penanaman di luar ruangan. Setelah ditanam, lakukan penyiraman secara teratur dengan air dan beri label. Jangan lupa mengecek kondisi tanaman sayuran secara teratur untuk memastikan bahwa gulma tidak tumbuh di sekitarnya.

Terkait jenis tanah, pastikan untuk menggunakan tanah yang lembab tapi tidak terlalu basah. Periksa kelembapan tanah dengan jari Anda sampai ke bagian yang lebih dalam. Kalau rasanya agak kering, sirami dengan sedikit air. Pastikan seluruh bagian tanah sudah cukup lembap.

Baca Juga: 5 Kegiatan Menyenangkan untuk Menghabiskan Waktu Sendiri di Rumah

Tipe kebun sayur di rumah

Untuk membuat kebun sayur di rumah, Anda bisa menyesuaikannya dengan jumlah lahan yang tersedia. Tidak perlu khawatir dengan lahan sempit karena kini sudah ada berbagai tipe kebun sayur yang dapat Anda pilih.

Square foot gardening

Dengan desain raised bed garden, kebun sayur akan dibuat berbentuk kotak persegi. Namun, tentu saja Anda perlu melakukan perhitungan terkait panjang, lebar, dan tinggi media tanam yang akan digunakan.

Dinding vertikal

Tipe kebun sayur di rumah satu ini menjadi salah satu yang paling banyak digunakan. Dinding vertikal sendiri terbuat dari anyaman ram kawat yang dibentuk lanskap vertikal.

Setelah itu, anyaman ditempelkan pada bingkai kayu. Tipe ini akan membuat kebun sayur terlihat seperti dinding penopang tanaman.

Pot

Tipe satu ini juga paling mudah diterapkan saat berkebun di rumah dengan lahan sempit. Selain itu, hampir semua jenis sayuran bisa ditanam dengan pot. Dengan menggunakan pot, tanaman juga lebih mudah dipindahkan untuk mendapat sinaran matahari pada waktu-waktu tertentu.

Tanam langsung di tanah

Nah, tipe satu ini sangat cocok dipilih jika Anda memiliki lahan kosong yang cukup banyak. Karena perlu dilakukan dengan persiapan lebih matang, hasilnya pun akan lebih memuaskan.

Itulah beberapa tips membuat kebun sayur di rumah yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar