facebook

Jangan Konsumsi Bayam Berlebihan, Ini Dampaknya Bagi Kesehatan

Bimo Aria Fundrika
Jangan Konsumsi Bayam Berlebihan, Ini Dampaknya Bagi Kesehatan
Ilustrasi Makanan Zat Besi, Bayam (freepik)

Bayam memang terkenal karena karena rendah kalori, sarat dengan nutrisi sehat .

Suara.com - Sayuran berdaun hijau selalu terkenal punya banyak manfaat bagi tubuh, terutama saat menjalani diet sehat. Tetapi hanya karena mereka sehat tidak berarti dapat mengonsuminya sebanyak mungkin.

Bayam adalah salah satu sayuran berdaun hijau yang perlu dikonsumsi dengan hati-hati dan dalam jumlah terbatas. Bayam memang terkenal karena karena rendah kalori, sarat dengan nutrisi sehat .

Bayam kaya akan mineral dan vitamin penting seperti kalsium, magnesium, zat besi, vitamin A, C, dan K. Memasukkan makanan super ini secara teratur dalam diet dapat membantu mengurangi risiko kanker, mengelola kadar gula darah, menjaga kesehatan, menurunkan berat badan. dan meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

Karena bayam memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah, bayam juga dapat membantu mengendalikan diabetes. Makan semangkuk kecil bayam setiap hari tidak berbahaya bagi kesehatan atau menyebabkan efek samping.

Baca Juga: Hati-hati, Konsumsi Sayuran Ini Tingkatkan Risiko Kanker Perut

Bayam (Envato)
Bayam (Envato)

Tapi mengonsums bayam berlebih setiap hari perlahan-lahan dapat mulai memengaruhi kesehatan. Salah satunya justru mengurangi nutrisi. Seperti diketahui, bayam mengandung asam oksalat, senyawa alami pada tanaman.

Ketika jumlah senyawa ini dalam tubuh melebihi tingkat normal mulai mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap mineral lainnya. Asam oksalat mengikat dengan seng, magnesium, dan kalsium dapat menyebabkan kekurangan mineral.

Selain itu, jika dikonsumsi secara berlebih, bayam juga bisa menyebabkan alergi. Sayuran berdaun hijau mengandung histamin, bahan kimia yang ditemukan di beberapa sel tubuh yang dapat memicu efek alergi semu kecil dalam beberapa kasus.

Terlalu banyak asupan bayam pada satu waktu atau selama periode waktu tertentu dapat memiliki efek toksik pada tubuh. Kemudian, mengonsumsi bayam secara berlebihan juga menimbulkan masalah perut seperti gas, kembung, dan kram, bayam juga dapat menyebabkan masalah perut ini karena kandungan serat yang tinggi.

Jika memiliki riwayat batu ginjal kamu harus hati-hati ketika mengonsumsi bayam. Ketika terlalu banyak asam oksalat hadir dalam tubuh karena asupan bayam yang tinggi, tubuh kita sulit untuk mengeluarkannya dari sistem. Ini menghasilkan akumulasi batu kalsium oksalat di ginjal, meningkatkan risiko batu ginjal.

Baca Juga: 8 Cara Menanam Kentang di Kebun Rumah Sendiri, Lakukan Tahapan Ini Agar Terbebas dari Hama

Selain asam oksalat, bayam juga kaya akan purin, sejenis senyawa. Kedua senyawa ini bersama-sama dapat memicu asam urat, sejenis radang sendi. Bagi mereka yang sudah menderita nyeri sendi, pembengkakan, dan peradangan, asupan bayam yang berlebihan dapat memperburuk gejalanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar