facebook

Batu Kapal Bantul Jadi Lokasi Syuting KKN Desa Penari, Begini Rute Lokasi, Tiket Masuk, dan Keunikannya

Rifan Aditya
Batu Kapal Bantul Jadi Lokasi Syuting KKN Desa Penari, Begini Rute Lokasi, Tiket Masuk, dan Keunikannya
Batu Kapal Bantul (Instagram/geoktav_)

Objek wisata Batu Kapal memang pernah dijadikan lokasi syuting film KKN di Desa Penari, namun saat itu Batu Kapal belum menjadi sebuah objek wisata.

Suara.com - Salah satu lokasi syuting KKN di Desa Penari ternyata juga dilaksanakan di Kabupaten Bantul, tepatnya di objek wisata Batu Kapal yang berada di Dusun Klenggotan RT 01 Kelurahan Srimulyo Kapanewon Piyungan. Seperti apa keindahan dan keunikan Batu Kapal Bantul?

Informasi ini dibenarkan oleh wakil ketua Pokdarwis Batu Kapal, Syamsi Dwi A Safarudin. Objek wisata Batu Kapal memang pernah dijadikan lokasi syuting film KKN Desa Penari. Namun saat itu Batu Kapal Bantul belum menjadi sebuah objek wisata seperti sekarang ini. Proses syuting berlangsung pada tanggal 15 Januari 2020. 

Pada saat itu, Batu Kapal belum menjadi destinasi wisata seperti sekarang ini. Baru sekitar 3 bulan kemudian atau tepatnya di bulan April, warga sekitar mulai merintis Batu Kapal menjadi sebuah objek wisata. Warga mulai kerja bakti untuk melakukan pembersihan dan penataan kawasan tersebut.

Ternyata, selama ini Batu Kapal memang menjadi salah satu tempat yang beberapa kali digunakan untuk syuting film. Selain syuting film KKN di Desa Penari, Batu Kapal juga pernah menjadi lokasi syuting Sang Maestro Ki Hajar Dewantara.

Baca Juga: Rowo Bayu Banyuwangi, Tempat Wisata yang Diyakini Lokasi Asli KKN di Desa Penari

Cukup seringnya Batu Kapal Bantul menjadi lokasi syuting film memang tidak lepas dari keindahan objek wisata, serta cerita mistis yang melatarbelakanginya. Didukung oleh suasana mistis di objek wisata Batu Kapal di mana selain kontur sungai yang dipenuhi batu purba dengan lekuk yang cukup eksotis, juga ada sebuah pohon Munggur yang telah dililiti oleh pohon beringin. 

Keunikan Wisata Batu Kapal Bantul

Lokasi syuting Film KKN di Desa Penari yaitu di Batu Kapal, Klenggotan, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Rabu (18/5/2022). (SuaraJogja.id/Rahmat Jiwandono)
Lokasi syuting Film KKN di Desa Penari yaitu di Batu Kapal, Klenggotan, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Rabu (18/5/2022). (SuaraJogja.id/Rahmat Jiwandono)

Batu Kapal berada di Sungai Opak yang berhulu langsung di Gunung Merapi, serta bermuara di Pantai Selatan yaitu wilayah Parangtritis. Kini Batu Kapal telah berubah menjadi sebuah objek wisata yang dikelola oleh masyarakat.

Sebenarnya penamaan Batu Kapal sendiri bukan karena ada sebuah situs atau peninggalan kapal purba, namun lebih karena bentuk batu yang berada di tengah sungai mirip dengan kapal.

Rute Lokasi Batu Kapal Bantul

Baca Juga: 8 Hantu Wanita Indonesia, Tak Kalah Seram dari Badarawuhi KKN Desa Penari

Tempat wisata yang satu ini cukup dekat dari pusat kota. Dari titik Nol Kilometer Jogja hanya berjarak sekitar 14 kilometer. Dapat ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit berkendara.

Komentar