facebook

Air Fryer Disebut Tidak Sehat dan Menyebabkan Kanker, Chef Yuda Bustara: Fake News!

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Air Fryer Disebut Tidak Sehat dan Menyebabkan Kanker, Chef Yuda Bustara: Fake News!
Ilustasi Air Fryer (Elements Envato)

Isu seputar air fryer yang tidak sehat bahkan menyebabkan kanker sempat ramai dibahas di media sosial. Benar nggak ya?

Suara.com - Isu seputar air fryer yang tidak sehat bahkan menyebabkan kanker sempat ramai dibahas di media sosial. Benar nggak ya?

Terkait hal ini, Celebrity Chef Yuda Bustara mengatakan bahwa klaim itu hanya berita bohong atau fake news semata, lantaran belum ada dasar penelitiannya.

Menurut chef yang juga konten kreator ini, isu air fryer bikin makanan tidak sehat karena terlalu lama dipanaskan dibuat karena adanya tren di masyarakat yang beralih dari kebiasan menggoreng pakai minyak jadi menggunakan air fry fryer, yang hanya perlu sedikit minyak sehingga lebih sehat.

"Makanan yang dipanaskan pasti nutrisi berkurang, tapi menurut saya air fryer itu gimmick banget sih, banyak banget bad news atau fake news, karena mungkin banyak orang yang beralih ke air fryer, jadi mereka membuat berita-berita yang sebenernya belum ada risetnya," terang Chef Yuda dalam acara peluncuran Modena Kitchen Solutions di Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (24/5/2022).

Baca Juga: Gara-gara Nyetrika, Citra Anidya Dapat Kecupan Manis dari Chef Juna: Reward dari Ayang

Celebrity Chef Yuda Bustara. (Suara.com/Dini)
Celebrity Chef Yuda Bustara. (Suara.com/Dini)

Terkait kanker yang dihubungkan dengan makanan menghitam karena menggunakan air fryer, menurut Chef Bustara bisa disiasati.

Apalagi kata dia, semua makanan bisa menghitam tergantung cara memasak dan mengolahnya, bukan hanya karena air fry saja.

"Apapun yang menghitam dan ada karbonnya itu pasti akan membuat kanker. Jadi kalau memasak pakai air fryer nggak hitam itu sebenernya nggak apa-apa sih," katanya.

Sebelumnya beberapa institusi kesehatan, salah satunya National Cancer Institute menyampaikan dugaan bahwa menggunakan air fryer bisa menghasilkan sejumlah senyawa pemicu kanker, seperti heterosiklik amina, dan senyawa akrilamida.

Disebutkan juga air fryer punya efek samping berupa pembentukan zat karsinogen penyebab kanker, karena proses memasaknya yang lama.

Baca Juga: Chef Yongki Sebut Bikin Kue Tanpa Sarung Tangan Lebih Hygienis, Kok Bisa?

Sedangkan menurut Chef Bustara, salah satu keunggulan air fryer bisa memasak lebih cepat dibanding oven kebanyakan. Hal ini ia sampaikan di sela-sela aktivitasnya membuat cake menggunakan Air Frayer Moderna 1510.

Komentar