facebook

Ingin Tetap Cantik di Usia 75 Tahun Seperti Megawati Soekarnoputri, 10 Tips Merawat Diri Ini Perlu Diketahui Lansia

M. Reza Sulaiman | Fajar Ramadhan
Ingin Tetap Cantik di Usia 75 Tahun Seperti Megawati Soekarnoputri, 10 Tips Merawat Diri Ini Perlu Diketahui Lansia
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Seokarnoputri tersipu malu saat dipuji cantik oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi di acara Rakernas ke-2 di Sekolah Partai, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022). (tangkap layar YouTube PDI Perjuangan).

Baru-baru ini Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri menyebutkan dirinya yang selalu tampil cantik dan karismatik, yang merupakan turunan dari Bung Karno ayahnya.

Suara.com - Baru-baru ini Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri menyebutkan dirinya yang selalu tampil cantik dan karismatik.

Dalam pidatonya pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-2 PDI Perjuangan ia menyebutkan penampilannya yang cantik dan awet muda itu turun dari ayahnya, Soekarno.

Megawati sendiri juga kerap kali memakai riasan minim, tetapi kecantikannya tetap terjaga. Hal ini biasanya terjadi karena kulitnya yang dirawat dengan baik.

Untuk memiliki kulit yang baik di usia tua sangat butuh perawatan yang rutin. Perawatan itu sendiri juga harus sudah harus dilakukan sejak dini.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (tengah) menyampaikan paparan saat paripurna pertama dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDIP di Jakarta, Selasa (21/6/2022). [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat]
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (tengah) menyampaikan paparan saat paripurna pertama dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDIP di Jakarta, Selasa (21/6/2022). [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat]

Melansir laman Aging.com, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memiliki kulit yang indah dan cantik di usia tua.

Baca Juga: Megawati Minta Kader PDI Perjuangan Tak Bermanuver Jelang Pilpres 2024, Ganjar: Semua Sepakat!

1. Rutin memakai tabir surya (sunscreen)

Seperti yang diketahui, cahaya matahari mengandung ultraviolet yang berpotensi membuat kulit kusam dan gelap. Sinar matahari juga dapat mempercepat degenerasi kulit sehingga cepat menua.

Dengan menggunakan sunscreen, akan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu, menggunakan sunscreen juga membuat kulit cerah dan kencang.

2. Menggunakan retinoid

Retinoid merupakan senyawa yang berhubungan dengan vitamin A untuk memproduksi kolagen yang mencegah garis-garis halus pada kulit. Namun, untuk menggunakan hal ini diharapkan berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.

Baca Juga: Meski Rekomendasikan Ganjar Pranowo untuk 2024, NasDem Hormati Hak Prerogatif Megawati soal Capres PDIP

3. Olahraga yang rutin

Olahraga secara rutin dapat membantu membuat postur tubuh yang baik. Selain itu, olahraga juga membentuk otot-otot dan melatih kekuatan salam tubuh, terutama di usia tua.

Tidak hanya untuk postur, olahraga juga baik untuk mengalirkan aliran darah ke sel-sel kulit dan memberikan nutrisi. Dengan berolahraga seseorang juga dapat menurunkan risiko pengeroposan tulang di usia tua.

4. Diet

Diet yang sehat akan memberikan dampak baik kesehatan. Selain itu, diet juga mencegah seseorang mengonsumsi berbagai makanan yang mempercepat penuaan pada kulit.

Diet juga akan mempertahankan bentuk tubuh yang ideal. Namun, diet yang dilakukan juga harus diusahakan pada batas sehat. Hal ini karena banyak diet yang dilakukan ternyata tidak baik untuk kesehatan.

5. Hindari rokok

Rokok mengandung bahan kimia yang dapat merusak serat dan elastisitas kulit. Rokok juga dapat merusak kolagen sehingga mempercepat penuaan.

Komentar