facebook

Bikin Cupcake Selalu Bantet? Ini Saran dari Nicky Tirta

Vania Rossa | Lilis Varwati
Bikin Cupcake Selalu Bantet? Ini Saran dari Nicky Tirta
Ilustrasi cupcake. (Unsplash)

Coba ikuti tips dari celecrity chef ini, dijamin cupcake tak akan bantet lagi!

Suara.com - Walaupun ukurannya kecil, tapi membuat cupcake tidak selalu mudah, lho. Persoalan yang kerap dialami banyak orang, salah satunya adonan tidak mengembang saat dipanggang. Akibatnya, cupcake menjadi bantet.

Celebrity chef Nicky Tirta ungkap penyebab cupcake bantet. Menurutnya, adonan tidak mengembang bisa terjadi pada berbagai jenis cake, seperti sponge cake, butter cake, dan juga chiffon cake. Tetapi, ada banyak hal yang bisa menyebabkan cake jadi bantet.

"Pertama, komposisi dan bahan kurang pas. Jadi harus benar-benar perhatikan komposisi. Kemudian, pengadukan (adonan) kurang tepat. Ketiga, pemanggangan kurang tepat," ungkap Nicky saat acara cooking demo Rumah Indofood di perayaan Pekan Raya Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lama waktu pemanggangan dan juga suhu oven akan sangat mempengaruhi tekstur adonan kue, lanjut Nicky. Oleh sebab itu, perlu memahami tipe oven yang digunakan juga waktu yang dibutuhkan untuk memanggang adonan.

Baca Juga: Bedah Resep untuk Kue Baru, Nicky Tirta Bisa Habiskan Waktu Hingga 3 Hari!

Nicky menambahkan, peletakan adonan di dalam oven juga harus disesuaikan dengan tipe cake dan sumber panas yang tersedia.

"Oven rumahan dan oven industri itu case-nya beda. Jadi kita harus menyesuaikan dan adaptasi lagi dengan oven masing-masing. Peletakan sangat mempengaruhi hasil akhir," ujarnya.

Untuk cupcake yang butuh waktu pemanggangan hingga 30 menit, Nicky menyarankan, letakkan adonan kue di area tengah oven. Karena tidak terlalu dekat dengan sumber panas sehingga adonan bisa matang merata.

"Kalau baking kita harus lihat sumber panas di mana. Kalau terlalu dekat dengan sumber panas dalam waktu cukup lama, akan gosong di bagian bawah tapi bagian atas gak dekat dengan sumber panas. Jadi harus dipastikan, setiap resep beda teknik memanggang," ujarnya.

Baca Juga: Tips Bisnis Kuliner ala Nicky Tirta: Harus Berani Coba dan Berani Gagal!

Komentar