facebook

Jadi Andalan untuk Bonding dengan Anak, Nicky Tirta Bagikan Tips Belajar Memasak Bersama Anak

M. Reza Sulaiman | Lilis Varwati
Jadi Andalan untuk Bonding dengan Anak, Nicky Tirta Bagikan Tips Belajar Memasak Bersama Anak
Potret Nicky Tirta Momong Putrinya (instagram/@nickytirta)

Kegemaran memasak Nicky Tirta ternyata juga menular kepada anak semata wayangnya, Naara Ellyna Tirta.

Suara.com - Selain dikenal aktif bermain peran, Nicky Tirta saat ini juga sibuk menjadi celebrity chef dengan keahliannya membuat kue atau baking. Tak banyak yang tahu bahwa Nicky sebenarnya telah gemar memasak sejak masih pelajar SMP.

Kemudian selama lebih dari 5 tahun terakhir, ia fokus dengan baking hingga akhirnya membuka bisnis kue sendiri. Kegemaran memasak itu juga menular kepada anak semata wayangnya, Naara Ellyna Tirta.

Bagi Nicky, selain menjadi sarana belajar bagi anak, masak bersama juga ia manfaatkan untuk momen bonding dengannya.

"Apalagi buat di kota besar kita hiburannya ke mana sih, paling sering makan, kuliner, atau ke mall, itu yang paling common banget. Ketika ada kegiatan yang bisa bonding antara orang tua dan anak untuk menghabiskan waktu, itu lebih dari sekadar jalan-jalan ke tempat wisata," kata Nicky ditemui saat Pekan Raya Jakarta di Jakarta International Expo beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Nicky Tirta Bocorkan 3 Alat yang Wajib Dimiliki Pemula Saat Belajar Baking, Bedakah dengan Alat Masak Biasa?

Nicky merasa, anaknya juga menjadi lebih menghargai dan paham dengan pekerjaan dirinya sebagai celebrity chef saat harus pergi ke berbagai acara maupun mengajar di berbagai tempat.

Walaupun baru 9 tahun, Nicky mengatakan kalau Naara telah tertarik juga memiliki potensi untuk memasak seperti dirinya. Meski ia sendiri tidak pernah mengajak atau memaksa Naara agar mau belajar masak.

"Dia lihat sendiri apa yang aku kerjain. Aku lagi ada event, dia lihat. Ketertarikan itu mungkin timbul karena orangtuanya sering melakukan itu dan ada anak merasa ingin mencoba dan ingin tahunya kan besar," tuturnya.

Bagi orangtua yang juga ingin anaknya gemar memasak, Nicky menyarankan untuk membuat suasana di dapur senyaman mungkin bagi anak dan membiarkannya mencoba berbagai hal. Karena menurutnya, yang terpenting dan langkah awal perlu membuat anak nyaman berlama-lama berada di dapur.

"Kalau buat aku, biarkan si anak bereksplorasi di dapur, buat dia betah dulu di dapur. Terkadang kita sebagai orangtua suka ngeluh, 'bukan gini caranya', atau terlalu mengatur. Itu justru yang membuat anak jadi enggak betah di dapur. Jadi nomor satu buat dulu anak betah di dapur, baru setelah itu kita arahkan," sarannya.

Baca Juga: Aksi Nenek Bagikan Tutorial Masak Makanan Korea Malah Bikin Bengek Penonton

Komentar