facebook

Tips Membuat Konten Edukasi yang Menginspirasi

Vania Rossa | Fajar Ramadhan
Tips Membuat Konten Edukasi yang Menginspirasi
Ilustrasi konten pendidikan. [Aaron Weiss/Unsplash]

Kreator konten Tjokro Wimantara atau dikenal dengan nama Pak Win membagikan tips membuat konten edukasi yang menginspirasi di media sosial.

Suara.com - Ada begitu banyak jenis konten yang bisa kita temui di media sosial. Tak sekadar hiburan, tapi juga religi hingga edukasi. Dan tentu saja, masing-masing konten ini punya tantangan sendiri agar bisa menginspirasi.

Tjokro Wimantara atau dikenal dengan nama Pak Win adalah salah seorang kreator konten edukasi yang cukup terkenal di media sosial. Pemilik akun @asahpolapikir sering membuat konten edukasi mengenai bisnis, finansial, investasi, asuransi, dan hal-hal seputar ekonomi.

Konten edukasinya disajikan dengan unik, sehingga audiens tak hanya tertarik menonton, tapi juga bisa dengan mudah memahami isi dan maksud dari pesan yang ingin disampaikannya.

Konten Kreator Edukasi Tjokro Wimantara atau Pak Win. (Screenshot)
Konten Kreator Edukasi Tjokro Wimantara atau Pak Win. (Screenshot)

Membuat konten mungkin merupakan hal yang mudah. Tapi menurut Pak Win, tak semua orang mampu membuat konten yang menginspirasi. Menurutnya, dalam membagikan konten edukasi, terutama di media sosial, butuh tips dan trik khusus agar menarik dan diminati.

Baca Juga: Ribut Karena Disalip, Gerombolan Pria Diduga Rombongan Calon Jemaah Haji Amuk Sopir Mobil Boks: WAKANDA FOREVER!

Berikut beberapa tips dan trik Pak Win dalam membuat konten edukasi yang menarik, yang ia sampaikan dalam Konferensi Pers #SerunyaBelajar ada di Tiktok, Rabu (29/06/2022).

1. Cari keunikan
Menurut Pak Win, keunikan dalam konten adalah hal yang penting. Dengan begitu audiens akan mudah mengenali si pembuat konten.

Dan ingat, ciri khas ini harus dipertahankan di setiap konten yang dibuat. Menurutnya, hal tersebut akan bisa menjadi daya tarik untuk audien yang melihatnya.

“Cari keunikan yang ada di kita dan harus konsisten ada di setiap konten yang dibuat. Jadi audiens bisa menangkap maksud dan isinya. Akan tetapi, dalam hal ini diusahakan tetap menjadi diri sendiri dan jangan dibuat-buat,” tuturnya.

2. Perhatikan trending
Trending menjadi satu hal yang sangat penting agar konten yang dibuat naik dan dilihat banyak orang. Menurut Pak Win, memanfaatkan trending dengan isi edukasi yang mau disampaikan akan menjadi hal baik.

Baca Juga: Vina Muliana Bagikan Cerita Awal Terjun Jadi Kreator Konten, Bagikan Tips Juga Buat Pemula!

3. Interaksi dengan audiens
Berinteraksi dengan audiens menjadi hal penting. Pak Win menuturkan, interaksi dengan audiens di kolom komentar akan membuat mereka merasa dihargai.

Komentar